Hikmah, Farokhatul (2024) Upaya Penanaman Kemandirian Anak Usia Dini pada Aspek Sensorik Motorik Halus Melalui Kegiatan Practical Life di PAUD Bina Siwi Geneng Batealit Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (187kB) |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (196kB) |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (412kB) |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (560kB) |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (352kB) |
|
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (462kB) |
|
|
Text
8. BAB V.pdf Download (190kB) |
|
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (282kB) |
Abstract
Pembelajaan dalam menanamkan kemandirian pada aspek sensorik motorik halus sangat perlu dibutuhkan, karena aspek perkembangan motorik halus merupakan perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf dan otot berkoordinasi. Ada banyak cara yang bisa diterapkan dalam kegiatan pembelajaran upaya dalam mendidik anak dalam kemandiriannya. Salah satunya dengan menerapkan kegiatan practical life dengan tujuan untuk menanampilkan dengan pemahaman yang ada pada kehidupan sehari-hari Adapun dalam penelitian ini peneliti ingin meneliti tentang upaya yang diterapkan di PAUD Bina Siwi Geneng Batealit Jepara dalam menanamkan kemandirian anak melalui kegiatan practical life. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya penanaman kemandirian anak usia dini pada aspek sensorik motorik halus melalui kegiatan practical life di PAUD Bina Siwi Geneng Batealit Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dibagi dalam beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, pembuatan narasi atau deskripsi (interprestasi). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan practical life untuk menanamkan kemandirian anak dalam aspek sensorik motorik halus telah berhasil dilakukan oleh guru terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari perkembangan anak pada aspek sensorik motorik halus yang telah diamati. Melalui kegiatan pratical life yaitu mengikat tali sepatu, mencui piring, mencuci tangan, meronce, kolase, mengembalikan barang sesuai tempatnya dapat meningkatkan kemandirian anak. keberhasilan kegiatan practical life dalam menanamkan kemandirian anak pada aspek sensorik motorik halus anak tidak terlepas dari peran guru yang telah merancang kegiatan, penggunaan metode, serta media yang di gunakan. Penataan ruang, perencanaan pembelajaran, penggunaan metode dan media yang digunakan juga dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Metode yang dilakukan yaitu diskusi atau penjelasan, demonstrasi, mengajak anak melakukan kegiatan, praktek, evaluasi
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Kemandirian, Motorik Halus, Practical Life | ||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD |
||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 07:58 | ||||||
| Last Modified: | 11 Nov 2025 07:58 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
