Rohmah, Fitalia (2016) STUDI TENTANG IMPLEMENTASI PENDEKATAN SERVICE LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN PENGAMALAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI IPA 2 DI SMA 1 GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf Download (711kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (390kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (303kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (437kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (319kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (519kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Download (282kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi pendekatan service learning dalam mengembangkan pengamalan materi pendidikan agama Islam pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA 1 Gebog Kudus. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pendekatan service learning dalam pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA 1 Gebog Kudus tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan pengamalan Materi Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA 1 Gebog Kudus tahun pelajaran 2015/2016? dan (3) Faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan pendekatan service learning dalam mengembangkan pengamalan materi Pendidikan Agama Islam di SMA 1 Gebog Kudus tahun pelajaran 2015/2016?. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui interview (wawancara) terhadap guru PAI dan siswa, kemudian observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pelaksanaan pendekatan service learning dalam pembelajaran materi Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA 1 Gebog dimulai dari tahap perencanaan yaitu menyiapkan RPP sebagai acuan guru dalam pembelajaran, tahap pelaksanaan dimulai dengan pendahuluan, inti, dan penutup, sedangkan tahap evaluasi menggunakan tahap formatif dan sumatif, pendekatan service learning dilaksanakan sesuai dengan pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL), karena pembelajaran ini salah satu pendekatan CTL yang mengajarkan siswa untuk berhubungan dengan masyarakat dalam aksi sosial. Upaya yang guru lakukan dalam mengembangkan pengamalan service learning adalah dengan cara pemberian motivasi, nasihat dan teladan, untuk mengembangkan pengamalan PAI guru menerapkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum PAI. Faktor pendukungnya adalah adanya dukungan dari Kepala Madrasah yang selalu memberi motivasi kepada guru, Guru, sarana prasarana, iklim sosial, masyarakat disini sangat berperan penting karena sebagai objek pendekatan service learning, Agama, rasa kepedulian sosial yang tinggi, dermawan, kesetiakawanan. Adapun faktor yang menghambat terdiri dari sarana prasarana, tidak bisa melibatkan semua siswa, jam pelajaran yang terganggu, kecemburuan sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan service learning; Pengamalan materi PAI |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Jul 2017 05:03 |
Last Modified: | 09 Jul 2017 05:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1491 |
Actions (login required)
View Item |