Ihza, Muhammad Yusril (2024) Strategi Guru Fikih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Digital (Studi Kasus Di MTs Nahdlotussibyan Tahun 2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (328kB) |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (275kB) |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (503kB) |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (362kB) |
|
|
Text
8. BAB V.pdf Download (255kB) |
|
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (468kB) |
|
|
Text
8. BAB V.pdf Download (255kB) |
|
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi siswa MTs Nahdlotussibyan yang mengalami penurunan motivasi belajar sehingga mengganggu proses pembelajaran, hal tersebut bermula dari penggunaan strategi pembelajaran guru Fikih yang monoton dan belum ada inovasi pembelajaran yang memicu semangat belajar siswa, seperti halnya penggunaan strategi pembelajaran digital yang lebih mengedepankan modernitas. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Proses pembelajaran fikih di MTs Nahdlotussibyan; 2). Strategi guru fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa era digital di MTs Nahdlotussibyan; 3). Mengetahui faktor penghambat dan pendukung strategi pembelajaran guru fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa era digital di MTs Nahdlotussibyan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deksriptif kualitatif. Untuk pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan beberapa teknik diantaranya triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Sumber triangulasi datanya yaitu kepala madrasah, guru fikih, dan siswa kelas VII, VIII, dan IX MTs Nahdlotussibyan, serta didukung dengan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. Data dianalisis menggunakan beberapa tahapan mulai dari Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi. Hasil dari penelitian ini menemukan 1). Bahwa dalam proses pembelajaran pada dasarnnya memiliki 3 tahapan, yaitu: persiapan atau perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2). Strategi pembelajaran guru Fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada era digital di MTs Nahdlotussibyan, diantaranya: Strategi Kooperatif Learning; dan Strategi Pembelajaran Interaktif. Model pembelajaran berbasis digital yang dipakai guru fikih menggunakan model pembelajaran blended learning dengan memanfaatkan perkembangan media teknologi era digital sekarang, diantaranya seperti penggunaan video interaktif youtube, game edukasi berbasis online ataupun platform pembelajaran yang tersedia di google atau website yang telah tersedia. 3). Adapun faktor penghambat dari penggunaan strategi pembelajaran guru fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa era digital di MTs Nahdlotussibyan, di antaranya: keterbatasan akses siswa terhadap teknologi dan konektivitas internet yang tidak merata dilingkungan madrasah khusunya, fasilitas wifi atau internet yang kurang memadai, proyektor yang hanya tersedia dibeberapa ruangan, peraturan madrasah terkait penggunaan ponsel bagi siswa ketika KBM. Adapun solusi yang perlu ditekankan di MTs Nahdlotussibyan terkait penerapan strategi pembelajaran guru fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa era digital, yang utama adalah menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya pembelajaran fikih, dan harus didukung oleh guru maupun fasilitas madrasah lainnya
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran Fikih, Strategi pembelajaran Fikih, Motivasi Belajar, Pembelajaran Digital | ||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:19 | ||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 02:19 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
