PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI NU TARBIYATUL WILDAN WATES UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Lutfiyah, Lutfiyah (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI NU TARBIYATUL WILDAN WATES UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
LUTFIYAH._opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penyusunan skripsi ini adalah karena peneliti tertarik setelah mengetahui penerapan model CIRC di MI NU Tarbiyatul Wildan yang menggunakan kelompok kecil agar semua peserta didik mendapatkan peran dalam pembelajaran dan merupakan untuk menilai kemampuan membaca dan menulis. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1)Mendeskripsikan model pembelajaran CIRC di MI NU Tarbiyatul Wildan Kudus tahun pelajaran 2013/2014, 2)Mendeskripsikan kemampuan membaca dan menulis peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI NU Tarbiyatul Wildan tahun pelajaran 2013/2014, 3)Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI NU Tarbiyatul Wildan tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui data primer yang berupa hasil wawancara kepada kepala madrasah, guru pengampu Al-qur’an hadits serta peserta didik kelas IV, V,VI, dan melakukan observasi dalam pembelajaran menggunakan CIRC. Peneliti juga mengambil data sekunder berupa dokumentasi yang diantaranya RPP, transkip nilai, foto penerapan model CIRC, selain itu gambaran umum Madrasah meliputi sejarah berdirinya, sejarah berdiri CIRC di MI, letak geografis, struktur pengurus, struktur organisasi pengurus, visi misi da tujuan pendidikan. Uji Keabsahan data dengan kejegan dan triangulasi sedangkan analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil yang diperoleh adalah model pembelajaran CIRC pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits dapat dikatakan sudah sesuai, model pembelajaran CIRC diterapkan pada mata pelajaran Al-qur’an hadits di dalamnya menekankan kepada kemampuan membaca dan menulis untuk bacaan Al-qur’an, materi yang digunakan juga merupakan materi surah-surah pendek. Kemampuan membaca dan menulis pada mata pelajaran Al-qur’an hadits yang dimiliki oleh peserta didik adalah sudah bagus, dengan hasil peserta didik mampu membaca ayat dari surat pendek dengan fasih, dan benar, juga mampu menulis bacaannya dengan benar. Penerapan model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik pada mata pelajaran Al-qur’an hadits sangat efektif dengan hasil penelitian bahwa kemampuan membaca dan menulis yang dimiliki oleh peserta didik yang sangat bagus setelah diterapkannya model CIRC.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 05:10
Last Modified: 09 Jul 2017 05:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1494

Actions (login required)

View Item View Item