Solikin, Muhamad (2014) PERAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAM MENGENDALIKAN KONFLIK (STUDI ANALISIS DI MA ABADIYAH DESA KURYOKALANGAN KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
MUHAMAD SOLIKIN_opt.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitianinibetujuanuntukmengetahui: 1) Penyebab konflik yang terjadi di MA Abadiyah Desa Kuryokalangan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati, 2) Bentuk-bentuk peranan Bimbingan Konseling Islam dalam mengendalikan konflik di MA Abadiyah Desa Kuryokalangan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati.. Peran Bimbingan Konseling Islam ini bertujuan untuk menciptakan rasa aman warga sekolah dalam hal belajar ataupun bersosialisasi dengan teman dengan baik. Manfaat yang diharapkan adalah untuk dapat bersosialisasi dengan baik dan benar. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data langsung dari informannya. Sedangkan pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigm naturalistic karena penelitian yang dilakukan dalam konteks natural dan wajar dengan mendiskripsikan apa yang ada di dalam lapangan dan menekankan analisisnya pada proses penyimpulanin duktif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi yang terlibat konflik dan guru yang berperan mengendalikan konflik khususnya guru BK dan guru-guru lainya. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan terarah kemudian angket untuk dijadikan keterangan atau sempel daari responden serta dokumentasi. Menguji keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi, triangulasi, dan member cheek. Analisis data yang dilakukan dengan cara Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), danVerification (Kesimpilan). Setelah data-data terkumpul dan selanjutnya dianalisis oleh peneliti, maka ditemukan suatu hasil penelitian bahwa: penyebab dari konflik di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati adalah 1) adanya kecemburuan sosial dari siswa IPS 1 yang merasa dianak tirikan karena siswa dari IPA 1 dijadikan prioritas utama, ketika dalam pembelajaran guru terkadang membandingkan siswa IPS 1 dengan siswa IPA 1. Siswa IPS 1 sangat tidak terima dari situ siswa membenci apa yang dilakukan siswa IPA dan disitulah konflik bermunculan. 2) Peran dari Bimbingan Konseling Islam dalam mengendalikan konflik di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati menggunakan metode langsung dan tidak langsung, kemudian terbagi atas metode individu dan metode kelompok. Metode langsung dilakukan dengan memberikan bimbingan secara langsung kepada provokator alam kelompok kemudian metode langsung yang berbentuk kelompok dilakukan masuk kedalam kelas kemudian diberi bimbingan secara langsung dikelas yang terlibat konflik. Bimbingan tidak langsung melalui papan bimbingan dalam bentuk madding.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konflik; Bimbingan Konseling Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Jul 2017 05:45 |
Last Modified: | 09 Jul 2017 05:45 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1503 |
Actions (login required)
View Item |