PERTEMUAN DUA LAUT DALAM QS. AR-RAHMĀN (ANALISIS QS. AR-RAHMĀN [55] AYAT 19-22 MENURUT FAKHRUDDIN AR-RĀZī DALAM KITAB TAFSIR MAFĀTīḤ AL-GAIB)

QURROTUL AINI, ADELINA (2016) PERTEMUAN DUA LAUT DALAM QS. AR-RAHMĀN (ANALISIS QS. AR-RAHMĀN [55] AYAT 19-22 MENURUT FAKHRUDDIN AR-RĀZī DALAM KITAB TAFSIR MAFĀTīḤ AL-GAIB). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (869kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (77kB)
[img] Text
3. Pedoman Transliterasi.pdf

Download (385kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (312kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (600kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (944kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (390kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (371kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (398kB)

Abstract

ABSTRAK Al-Qur’an tidak hanya memuat mengenai masalah ibadah saja, akan tetapi di dalamnya juga memuat mengenai isyarat-isyarat ilmiah. Salah satu isyarat ilmiah yang Allah Swt. telah cantumkan dalam al-Qur’an yaitu adanya fenomena pertemuan dua laut yang tidak saling melampaui dikarenakan adanya dinding pembatas beserta karunia-Nya yang berupa lu’lu dan marjan yang dapat ditemukan diantara keduanya ini tercantum dalam QS. ar-Rahmān Ayat 19-22. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan (science) dan teknologi, telah dapat membuktikan fenomena tersebut, Padahal al-Qur’an diturunkan jauh sebelum adanya ilmu pengetahuan modern (science) dan teknologi. Berkaitan dengan fenomena pertemuan dua laut tersebut, penulis mengambil penafsiran dari Mufassir yaitu Fakruddin ar-Rāzī dalam kitab tafsīr Mafātīḥ al-Gaib beserta relevansinya dengan ilmu pengetahuan. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang berhubungan dengan dunia pustaka, sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa pertemuan dua laut yang dimaksud dalam QS. ar-Rahmān Ayat 19-22 menurut Fakruddin ar-Rāzū adalah keduanya laut ini dibuktikan dengan adanya karunia-Nya yang berupa lu’lu’ dan marjān yang hanya dapat ditemukan di air laut. Sedangkan yang membedakan keduanya tidak saling melampaui yaitu adanya karakteristik yang berbeda diantara keduanya, seolah-olah terdapat dinding pembatas yang menghalangi keduanya untuk tidak saling bercampur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: al-Bahraini; Kitab Tafsīr Mafātīḥ al-Gaib; Ilmu Pengetahuan
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Tafsir Al-Qur`an
Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Tafsir Al-Qur`an > Ilmu Tafsir
Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat & Surat-Surat Tertentu
Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Kandungan Al-Qur`an
Divisions: Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 07:18
Last Modified: 03 Dec 2016 07:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item View Item