Irawan, Ade Mas (2017) IMPLEMENTASI TEKNIK SUPERVISI SHARING OF EXPERIENCE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI MA SILAHUL ULUM ASEMPAPAN TRANGKIL PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, kendala dan solusi dalam pelaksanaan teknik supervisi sharing of experience dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan supervisi Sharing of Experience dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati dengan cara guru mengadakan evaluasi diri tentang perkembangan profesinya yang mengacu pada penilaian kepala sekolah yang berupa blanko, kemudian guru memperbaiki kekuranganya melalui sharing dengan guru - guru senior atau melakukan observasi kelas, selanjutnya guru dan kepala sekolah menjadwalkan kembali pertemuan untuk membahas rencana yang ingin dicapai oleh guru yakni dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya, setelah itu kepala sekolah memberi tanggapan pada guru mengenai rencana tersebut. 2) Kendala dalam menjalankan supervisi Sharing of Experience dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati yaitu lingkup tugas jabatan pengawas lebih menekankan pada pengawasan administrasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru. Asumsi yang digunakan adalah apabila administrasinya baik, maka pengajaran di sekolah tersebut juga baik. Nilai budaya interaksi sosial yang kurang positif, dibawa dalam interaksi fungsional dan profesional antara pengawas, kepala sekolah dan guru. Budaya ewuh pakewuh, menjadikan pengawas atau kepala sekolah tidak mau “masuk terlalu jauh” pada wilayah guru. 3) Cara mengatasi kendala - kendala dalam menjalankan supervisi Sharing of Experience dengan meningkatkan kesadaran diri dengan cara menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) berdasarkan kurikulum yang sudah ditetapkan yang memuat indikator - indikator pencapaian siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode dan media belajar yang sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga aspek penilaian tidak hanya sekedar pada administrasi saja. Menghilangkan rasa ewuh pakewuh antara guru dan kepala sekolah untuk mencapai tujuan utama yaitu meningkatkan mutu pendidikan di sekolah agar mampu mendidik para siswa untuk menjadi manusia pembangunan seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Sharing of Experience; Kompetensi Profesional |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Jul 2017 03:31 |
Last Modified: | 16 Jul 2017 03:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1548 |
Actions (login required)
View Item |