Muhtadi, Moh (2017) STUDI ANALISIS PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DAN PENGENDALIANNYA DI MADRASAH ALIYAH ABADIYAH KELAS XI DESA KURYOKALANGAN KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI DAIAM PERSPEKTIF BIMBINGAN KONSELING ISLAM KELOMPOK. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (4MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (4MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (999kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perilaku prokrastinasi akademik dan faktor yang mempengaruhi perilaku prokrastinasi akademik serta upaya bimbingan konseling Islam dalam mengendalikan perilaku prokrastinasi akademik di Madrasah Aliyah Abadiyah kelas XI Desa Kuryokalangan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data meliputi data reduction, data display, conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bentuk perilaku prokrastinasi akademik yang terjadi di Madrasah Aliyah Abadiyah Pati adalah siswa merasa gagal menepati batas waktu saat mengumpulkan tugas sekolah, siswa suka menunda-nunda mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, siswa harus diingatkan agar mengerjakan tugas sekolah tepat waktu, siswa mengalami kesulitan mengerjakan tugas sekolah dengan batas waktu yang diberikan guru, siswa merasa cemas saat mengerjakan tugas sekolah yang diberikan guru dan memilih menundanya, siswa merasa tenang karena waktu mengerjakan tugas masih banyak, siswa tidak yakin terhadap kemampuan diri sendiri, siswa memiliki rasa takut pada kegagalan saat mengerjakan tugas. Faktor yang mempengaruhi perilaku prokrastinasi akademik yang terjadi di Madrasah Aliyah Abadiyah Pati adalah factor internal yaitu kondisi fisik ketika sedang tidak enak badan atau sakit, aktivitas yang padat, kondisi psikologis suasana hati yang sedih, tidak adanya jadwal dalam mengatur waktu untuk mengerjakan tugas, kurangnya semangat dalam diri siswa, faktor eksternal yaitu kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua. Kondisi lingkungan yang tingkat pengawasannya rendah yaitu adanya ajakan teman untuk bermain, jalan-jalan atau traktir makan saat mengerjakan tugas. Upaya bimbingan konseling Islam kelompok dalam mengendalikan perilaku prokrastinasi akademik di Madrasah Aliyah Abadiyah Pati meliputi dua teknik yaitu teknik umum dan permainan kelompok. Dimana masing-masing teknik tersebut terdapat beberapa tahapan yaitu tahap prakonseling, tahap permulaan, tahap transisi, tahap kerja, tahap akhir dan pascakonseling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Prokrastinasi Akademik; Bimbingan Konseling Islam Kelompok |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Jul 2017 04:17 |
Last Modified: | 16 Jul 2017 04:17 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1554 |
Actions (login required)
View Item |