Nurjanah, Nurjanah (2014) RELEVANSI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WASHAYA AL- ABA’ LI AL-ABNA’ DENGAN PEMBENTUKAN AKHLAK AL-KARIMAH. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
SKRIPSI NURJANAH_opt.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemerosotan akhlak pada pelajar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kandungan pendidikan akhlak yang ada dalam kitab Washaya al-Aba' li al-Abna' karya Syaikh Muhammad Syakir. (2) Untuk mengetahui konsep pembentukan akhlak al- karimah menurut Muhammad Syakir (3) relevansi kitab Washaya Al-Aba' li al- Abna' terhadap pembentukan akhlak al-karimah dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode content analysis. Penerapan metode Content Analisis yaitu: pertama- tama penulis menyajikan apa adanya teks tersebut, Selanjutnya melewati proses content analysis untuk menelaah isi pesan yang ada dalam kitab Washaya al-Aba' li al-Abna', penulis memadukan isi dalam Kitab tersebut dengan permasalahan pendidikan akhlak kontekstual. Kemudian metode Content Analysis akan mengungkapkan isi kitab Washaya al-Aba' li al-Abna'. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kitab Washaya al-Aba' li al-Abna' mengandung pendidikan akhlak yang berorietasi pada pembentukan al-akhlak al- karimah. Dari 20 bab yang diuraikan, hanya 2 bab yang tidak termasuk materi pendidikan akhlak. Dari 18 bab tersebut, cakupannya memuat tiga hal, yaitu 2 bab mengandung materi aqidah yang terangkum dalam tanggung jawab individu terhadap Allah SWT, 3 bab mengandung materi syariah yang terangkum dalam tanggung jawab individu terhadap manusia, dan 13 bab mengandung materi tentang akhlak yang mencakup al-akhlak al-karimah, al-akhlak al-mazdmumah dan etika peserta didik. Tiga Materi tersebut sesuai dengan yang dicanangkan dalam pendidikan Islam guna mewujudkan tercapainya tujuan dasar dari pendidikan, yaitu pembentukan al-akhlak al-karimah. Jika dikaitkan dengan pendidikan Islam kontekstual, pendidikan akhlak dalam kitab Washaya al-Aba' li al-Abna' sangat relevan dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Baik secara materi, metode penyampaian maupun kemasan bahasanya. Kitab Washaya al-Aba' li al-Abna' membuka diri terhadap perubahan zaman dan mengarah pada perkembangan mental peserta didik sebagai bekal menghadapi arus globalisasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kitab Washaya al-Aba' li al-Abna'; al-akhlak al-karimah; pendidikan akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Stratifikasi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Jul 2017 00:43 |
Last Modified: | 22 Jul 2017 00:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1593 |
Actions (login required)
View Item |