STUDI ANALISIS TENTANG ETIKA BELAJAR PERSPEKTIF KH. M. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM

Rohmatulloh, Ahmad (2014) STUDI ANALISIS TENTANG ETIKA BELAJAR PERSPEKTIF KH. M. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
ROHMATULLAH_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas etika belajar perspektif KH.M. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya peran etika sebagai pondasi pokok dalam pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana etika belajar perspektif KH.M. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim?. Penelitian ini melalui metode Library Research (kajian Pustaka) dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Dimana data yang telah terkumpul kemudian di analisis secara non statistic, dengan data primer sebagai sumber data utama, dan data sekunder sebagai sumber data pendukung. Adapun metode analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif. Dimana data yang terkumpul kemudian dianalisis secara non statistik, yakni analisis untuk mengungkapkan gagasan pemikiran tokoh yang diteliti serta interpretasi data sebagai pendukung dalam menyampaikan pendapat dan pemikiran tokoh yang diteliti. Dari penelitian ini ditemukan bahwa pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari tentang etika belajar dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim meliputi: 1. Etika peserta didik terhadap diri sendiri 2. Etika peserta didik terhadap pendidik 3. Etika peserta didik terhadap pelajaran 4. Etika pendidik terhadap diri sendiri 5. Etika pendidik ketika mengajar 6. Etika pendidik terhadap peserta didik 7. Etika terhadap kitab sebagai alat pelajaran Pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari mengenai etika yang harus dipedomani oleh pendidik maupun peserta didik masih sangat relevan untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar pada saat ini, terlebih bagi pendidikan Islam. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai manivestasi kompetensi yang dimiliki pendidik dan peserta didik untuk menggapai derajat tertinggi baik dalam pandangan manusia maupun pandangan Tuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jul 2017 00:55
Last Modified: 22 Jul 2017 00:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item