IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE EDUCATION GAMES (PERMAINAN EDUKATIF) DALAM PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI PADA SENTRA AGAMA DI KBIT (KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU) LA TANSA DESA CANGKRING KEC. KARANGANYAR KAB. DEMAK

Friyanti, Siti (2013) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE EDUCATION GAMES (PERMAINAN EDUKATIF) DALAM PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI PADA SENTRA AGAMA DI KBIT (KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU) LA TANSA DESA CANGKRING KEC. KARANGANYAR KAB. DEMAK. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI SITI FRIYANTI 109239 JOS GANDOS_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penyusunan skripsi ini adalah karena melihat pentingnya pendidikan anak usia dini sebagaimana telah diatur dalam UU No. 23 Tahun 2002 Pasal 9 Ayat 1 tentang Perlindungan Anak menyatakan bahwa “Setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya”. Agar PAUD mudah dikenal maka perlu adanya sebuah program atau kegiatan yang menjadi ciri khas dari sebuah lembaga PAUD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Education Games (Permainan Edukatif), perkembangan motorik anak beserta problematika yang dihadapinya di KBIT La Tansa Cangkring Karanganyar Demak. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat sebagai bahan rujukan teoritis bagi penulis yang lebih dalam lagi tentang penggunaan metode education games (Permainan Edukatif) dan Problem yang dihadapinya dalam meningkatkan kualitas pendidikan, menjadi sumbangan informasi bagi semua sekolahan/ lembaga untuk membangkitkan semua personilnya di dalam meningkatkan kualitas pendidikannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan metode interview, metode observasi, dan metode dokumentasi. Data diperoleh melalui data primer yang berupa hasil wawancara kepada para narasumber yang meliputi kepala pengelola KBIT, Dewan Guru, serta wali murid KBIT La Tansa. Selain itu, untuk melengkapi data dalam penelitian tersebut peneliti mengambil data sekunder seperti profil KBIT La Tansa yang diambil dari dokumen KBIT. Aplikasi metode education games pada sentra Agama di KBIT La Tansa Cangkring Karanganyar untuk mendukung perkembangan anak, yaitu Pertama, Pijakan Awal, meliputi: berbaris, big circle, motorik kasar, berdo’a/ do’a masuk kelas, bertemu ustadzah wali, menyanyikan lagu sesuai tema, tepuk sesuai tema, absensi, dongeng, berdo’a mau belajar. Kedua, Pijakan sebelum main, meliputi: menyebut aturan permainan, mengenal jenis permainan dan memilih teman main dan mainan. Ketiga, Pijakan saat main, meliputi: mengamati setiap anak bermain, mencatat kegiatan main anak (observasi), memberi dukungan berupa pertanyaan positif, memancing pertanyaan terbuka untuk memperluas cara main anak, memberikan bantuan pada anak yang membutuhkan, mendorong anak untuk mencoba dengan cara lain, mencatat yang dilakukan anak (jenis main, tahap perkembangan, tahap sosial). Keempat, Pijakan setelah main, meliputi: membereskan alat main, kembali duduk melingkar, dan Recalling: Menyebut aktivitas kegiatan hari ini, menyatakan perasaan dan tanya jawab. Kelima, Penutup, meliputi: mengaji, membaca, cuci tangan, do’a mau makan, makan bersama, do’a sesudah makan, nasehat, tanya jawab dan do’a mau pulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini; Metode Education Games; Efektifitas
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jul 2017 01:30
Last Modified: 22 Jul 2017 01:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item