PENGARUH PENGGUNAAN METODE TA’BIRUSSURAH DAN KATA SANDI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI MI NU AL-MUNAWWAROH LAU DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Syafa’atun, Syafa’atun (2014) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TA’BIRUSSURAH DAN KATA SANDI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI MI NU AL-MUNAWWAROH LAU DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SYAFA'ATUN 110234 _opt.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penggunaan metode ta’birussurah dan kata sandi pada mata pelajaran aqidah akhlak; (2) untuk mengetahui kreativitas peserta didik (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode ta’birussurah dan kata sandi terhadap kreativitas peserta didik di MI NU Al-Munawwaroh Lau Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni prosedur penelitian yang menghasilkan data-data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan teknik angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI dan V MI NU Al-Munawwaroh Lau Dawe Kudus yang berjumlah 55 peserta didik. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas dan linieritas. Kemudian untuk menganalisis data hasil penelitian, peneliti menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode ta’birussurah dan kata sandi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI NU Al-Munawwaroh Lau Dawe Kudus tahun pelajaran 2014/2015 tergolong cukup baik karena termasuk dalam interval 69-84. (2) Kreativitas peserta didik di MI NU Al- Munawwaroh tergolong cukup baik karena termasuk masuk dalam interval 30-39. (3) Pengaruh penggunaan metode ta’birussurah dan kata sandi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap kreativitas peserta didik di MI NU Al- Munawwaroh Lau Dawe Kudus tahun pelajaran 2014/2015 menurut hasil penelitian adalah positif dan signifikan. Hal ini terbukti dari R hitung = 0,702.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jul 2017 02:05
Last Modified: 22 Jul 2017 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item View Item