PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU HASYIM ASY’ARI 02 KUDUS TAHUN AJARAN 2011/2012

Chorida, Titik Makrifatul (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU HASYIM ASY’ARI 02 KUDUS TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI TITIK MAKRIFATUL CH._opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran Kontekstual menawarkan sistem pembelajaran yang semua pihak terlibat aktif di dalam kegiatan pembelajarannya. Kegiatan belajar kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat. Mata pelajaran Fiqih merupakan bagian dari pendidikan agama Islam yang menjadi upaya dasar dan terencana dalam menyiapkan siswa untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani ajaran Islam. Pengajaran mata pelajaran Fiqih pada Madrasah Aliyah memiliki tujuan untuk mengajarkan kepada siswa tentang bagaimana penerapan hukum-hukum syariat Islam terhadap perbuatan dan ucapan manusia. Secara subtansial, mata pelajaran Fiqih memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi siswa untuk selalu mempelajari hukum-hukum Islam berkenaan dengan kehidupan mereka sehari-hari. Mengingat ilmu Fiqih adalah ilmu yang membahas tentang hukum-hukum Islam yang nantinya dijadikan sebagai pedoman umat Islam dalam menetapkan suatu hukum. Berdasarkan urain di atas, maka penulis melakukan penelitian di MA NU Hasyim Asy‟ari 02 Kudus dengan rumusan maslah sebagai berikut : (1) bagaimana penerapan pembelajaran Kontekstual pada mata pelajaran Fiqih di MA NU Hasyim Asy‟ari 02 Kudus? (2) bagaimana pemahaman siswa dalam mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan pmbelajaran kontekstual di MA NU Hasyim Asy‟ari 02 Kudus? (3) adakah hambatan- hambatan dalam penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan pemahaman siswa di MA NU Hasyim Asy‟ari 02 Kudus? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitin lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Fiqih, dan siswa. Dalam perjalanan mengumpulkan dan memperoleh data secara akurat, penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu observasi, interview, dokumentasi dan triangulasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif induktif. Hasil penelitian yang dilakukan di MA NU Hasyim Asy‟ari 02 Kudus adalah penerapan pembelajaran konekstual dapat membantu guru dalam meningkatkan pemahaman siswa pada matapelajaran Fiqih. Karena dalam penerapannya pembelajaran kontekstual ini membantu guru mengaitkan materi yng diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa. hal ini tentunya memberi dampak positif bagi siswa, yaitu siswa lebih mudah memahami materi yang dismpaikan oleh guru karena siswa berperan aktif dalam pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jul 2017 02:19
Last Modified: 22 Jul 2017 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item View Item