IMPLEMENTASI METODE STIMULUS-RESPON UNTUK ANAK AUTIS PADAPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DI SDLB SUNAN KUDUS (YAYASAN PONPES AL ACSANIYYAH) DESA PEDAWANG KUDUS

Latifah, Umi (2015) IMPLEMENTASI METODE STIMULUS-RESPON UNTUK ANAK AUTIS PADAPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DI SDLB SUNAN KUDUS (YAYASAN PONPES AL ACSANIYYAH) DESA PEDAWANG KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SEKRIPSI UMI_opt.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan adalah sebuah proses yang bertujuan “memanusiakan manusia”, yakni agar manusia mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal. Dalam proses pendidikan, pengembangan potensi tidaklah hanya menitik beratkan pada kemampuan akal saja namun pada akhlak dan amal. Disinilah posisi Pendidikan Agama Islam dibutuhkan. Pendidikan islam mempunya tujuan untuk memdidik budi pekerti dan pendalaman jiwa. Dengan adanya pendidikan diharapkan dapat mentransformasikan keadaan suatu masyarakat menuju keadaan yang jauh lebih baik. Oleh karena itu setiap manusia berhak untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang layak, tak terkecuali pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Berakar dari latar belakang diatas, penulis mengangkat rumusan masalah yakni: 1. Bagaimana implementasi metode stimulus-respons untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak autis pada mata pelajaran pendidikan agama di SDLB Sunan Kudus (Yayasan Ponpes Al Achsaniyyah) Desa Pedawang Bae Kudus? 2. Apasaja kendala yang dihadapi guru PAI di dalam pembelajaran dengan menggunakan metode Stimulus-respons untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak autis pada mata pelajaran pendidikan agama di SDLB Sunan Kudus (YayasanPonpes Al Achsaniyyah) Desa Pedawang Bae Kudus? 3. Bagaimana penanganan anak autis dengan menggunakan pendekatan metode stimulus respons untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak autis pada mata pelajaran pendidikan agama di SDLB Sunan Kudus (Yayasan Ponpes Al Achsaniyyah) Desa Pedawang Bae Kudus? Penelitian lapangan yang berlokasi di SDLB Sunan Kudus (Yayasan Ponpes Al Achsaniyyah) di desa Pedawang Bae Kudus ini, di lakukan penulis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampelnya yakni, purposive sampling (sampel bertujuan), serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa: observasi partisipasi, wawancara semi tersetruktur, dan dokumentasi dalam bentuk catatan dan gambar(dokumentasi foto). Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak autis melalui metode stimulus respon dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak autis di SDLB Sunan Kudus (yayasanPonpes al Achsaniyyah) di desa Pedawang Bae Kudus, adalah berupa penanganan anak autis dengan karakteristik yang spesifik melalui program terapi antara lain melalui pendekatan individu, , metode ABA, operant Conditioning, Fisioterapi, dan Hidroterapi didalam pembelajarannya. 2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam di SDLB Sunan Kudus (Yayasan Ponpes Al Achsaniyyah) di desa Pedawang kec. Bae kab. Kudus, ternyata sanga tmempunyai peran dalam meningkatkan konsentrasi belajaranak autis terutama yang terkait dengan prestasi belajar. Pendidikan agama Islam. Hal ini di buktikan dengan adanya kemajuan kemampuan akademik para anak didik autis sesuai dengan perkembanganya masing-masing, sertap restasi belajar anak autis yang membaik dan meningkat, di banding dengankondisiawalmerekapadasaatmasukkesekolah. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode stimulus respon dalam meningkatkan konsentrasi bejar anak autis di SDLB Sunan Kudus (Yayasan Ponpes Al Achsaniyyah)di desa Pedawang kec. Bae kab. Kudus, adalah berupa faktor- faktor: tujuan pendidikan dan pembelajaran, yang dari yayasan ini memang menekankan pada aspek perkembangan potensi dan kemampuan serta bakat dan minat yang muncul pada jiwa masing-masing anak, dan tertuju pada kompetensi utama: spiritual, motivasi dan wirausaha, guna mendapatkan kesejahteraan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akherat. Dari pihakpengajar yang memangmemilikikepekaan, rasa tanggap yang besar, kesiapan mental, dankesabarandalammembimbingpesertadidikautis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Stimulus-Respon; Konsentrasi Belajar; Anak Autis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jul 2017 03:41
Last Modified: 22 Jul 2017 03:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1618

Actions (login required)

View Item View Item