Alfiyanita, Mifda (2015) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA KECERDASAN SOSIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN SETTING CLASS PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS IV SDN JATIMULYO WEDARIJAKSA PATI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
MIFDA ALFIYANITA_opt.pdf Download (7MB) |
Abstract
Eksistensi manusia sebagai makhluk sosial dituntut untuk bisa menjalin interaksi dengan sesama. Kebutuhan tersebut semestinya dapat dipenuhi dengan baik karena setiap individu mempunyai pembawaan yang integral dan sifat mementingkan kepentingan orang lain. Maka perlu adanya usaha yang dilakukan guru dalam membina kecerdasan sosial siswa agar dapat bertumbuh kembang dengan baik salah satunya menggunakan setting class. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui bentuk kecerdasan sosial siswa kelas IV di SDN Jatimulyo Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2014/ 2015. (2) untuk mengetahui setting class pada mata pelajaran PAI di kelas IV SDN Jatimulyo Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2014/ 2015. (3) untuk mengetahui strategi yang digunakan untuk membina kecerdasan sosial siswa dengan menggunakan setting class pada mata pelajaran PAI di kelas IV SDN Jatimulyo Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2014/ 2015. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah field research dan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan kepala sekolah, guru pengampu Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas IV. Adapun lokasi penelitian berada di SDN Jatimulyo Wedarijaksa Pati. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Bentuk kecerdasan sosial siswa kelas IV SDN Jatimulyo Wedarijaksa Pati meliputi sikap empati, kerjasama dan tolong- menolong antar siswa.Mendengarkan dan menghargai orang lain yang sedang berbicara, dapat berkerjasama dan membagi tugas dalam tim dengan baik, sebagai tutor sebaya, bergaulbersama teman, menolong teman yang jatuh dan menjenguk teman yang sakit. 2) Setting class pada mata pelajaran PAI di kelas IV SDN Jatimulyo Wedarijaksa Pati pelaksanaannya dengan menggeser tempat duduk siswa setiap harinya. Dari bangku nomor satu bergeser ke bangku nomor dua dan bisa dimulai dengan bangku belakang bergeser ke bangku depan nomor satu, berjalan demikian setiap harinya. Tujuan setting class untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa agar pandai bergaul, siswa yang pintar dapat membantu siswa yang kurang dalam pemahamannya dan dapat menambah kerjasama antar siswa. (3) Strategi yang digunakan untuk membina kecerdasan sosial siswa dengan menggunakan setting class pada mata pelajaran PAI di kelas IV SDN Jatimulyo Wedarijaksa Pati guru PAI menggunakan cara yang beragam, diantaranya (1) kerja kelompok. (2) menjadi pendengar yang baik dan (3) belajar dengan tutor sebaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Sosial; Setting Class |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Jul 2017 03:51 |
Last Modified: | 22 Jul 2017 03:51 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1621 |
Actions (login required)
View Item |