PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA DI MI MABDAUL HUDA KEDUNGBANG KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI.

Majid, Abdul (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA DI MI MABDAUL HUDA KEDUNGBANG KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. ABSTRAK DAN PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kooperatif model STAD serta motivasi belajar siswa secara parsial maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar SKI pada siswa di MI Mabdaul Huda Kedungbang Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian studi lapangan (field research) melalui survey dengan teknik pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Mabdaul Huda Kedungbang Tayu Pati. Datanya diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Sejumlah 62 siswa (taraf kesalahan 5%) dari seluruh siswa 74 siswa di kelas IV-VI dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan rumus regresi dan korelasi ganda 2 prediktor. Kajian ini menyimpulkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran kooperatif model STAD memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar SKI di MI Mabdaul Huda Kedungbang Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Hal ini dibuktikan kekuatan korelasi sebesar rx1y = 0,662 dan termasuk kategori kuat. Besarnya pengaruhnya (R2) sebesar 43,82%, Sedangkan model pengaruh dinyatakan dengan persamaan regresi Ŷ = 0,927 X + 1,777 dengan signifikansi Freg = 46,849 yang lebih besar dari Ftabel 4,00 untuk taraf signifikan 5% dan Ftabel 7,08 untuk taraf signifikan 1%. 2) Motivasi belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar SKI di MI Mabdaul Huda Kedungbang Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar rx2y = 0,648 yang termasuk kategori kuat. Hasil uji pengaruh (R2) sebesar 17,64%. Sedangkan model pengaruh dinyatakan dengan persamaan regresi Ŷ = 0,608 X + 7,842 dengan signifikansi Freg = 43,532 yang lebih besar dari Ftabel 4,00 untuk taraf signifikan 5% dan Ftabel 7,08 untuk taraf signifikan 1%. 3) Strategi pembelajaran kooperatif model STAD dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar SKI pada siswa di MI Mabdaul Huda Kedungbang Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Hal ini dibuktikan besarnya kekuatan korelasi sebesar rxy(1,2) = 0,667 dan dinyatakan signifikan yang termasuk kategori kuat. Besarnya pengaruh dibuktikan dengan nilai R2 sebesar 19,80%. Sementara model pengaruh dinyatakan dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 0,620 X1 + 0,220 X2 + 1,602 dengan signifikansi Freg = 23,696 yang lebih besar dari Ftabel 3,15 untuk taraf signifikan 5% dan Ftabel 4,98 untuk taraf signifikan 1%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Student Teams Achievement Division (STAD); Motivasi Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Kesenian dan Kebudayaan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jul 2017 04:42
Last Modified: 22 Jul 2017 04:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item