PROBLEMATIKA MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TANJUNGANOM GABUS PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kusni, Kusni (2017) PROBLEMATIKA MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TANJUNGANOM GABUS PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (968kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (889kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (903kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (861kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mutu pendidikan merupakan permasalahan yang kompleks dan multideminsional. Jika kita berbicara mutu pendidikan berarti sedang meneropong keseluruhan dimensi pendidikan yang satu sama lain saling terkait. Mutu pendidikan sangat terkait dengan pengelola/manajemen lembaga pendidikan tersebut. Mutu pendidikan akan semakin baik, apabila manajemen lembaga pendidikan tersebut dikelola dengan baik, demikian pula sebaliknya Untuk menjawab masalah penelitian di atas, maka tujuan dari jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer meliputi Kepala sekolah, Waka, anggota guru.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Sedangkan teknik analisis data ada empat tahapan yaitu pengumpulan, reduksi data, penyajian data dan penarkan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan : 1) Mutu MI Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus Pati diawali dengan perencanaan dengan menganalisis situasi yang ada di madrasah agar sesuai dengan kebutuhan yang ada, kemudian dilanjutkan dengan merumuskan sasaran yang diinginkan yang berpedoman pada visi dan misi madrasah dengan mengacu stándar isi, stándar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, stándar pengelolaan. (2) Upaya peningkatan mutu madrasah di MI Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus Pati dalampelaksanaan peningkatan mutu pendidikan, madrasah telah membuat program-program yang sesuai dengan sasaran yang diinginkan yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan. Program tersebut kemudian dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab oleh semua warga madrasah, jadi semua yang terlibat dalam program peningkatan mutu pendidikan akan diberikan tanggungjawab oleh madrasah secara proposional. 3) Problematika peningkatan mutu madrasah di MI Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Gabus Pati yaitu: a) adanya rangkap jabatan, (b) masih rendahnya sumber daya manusia yang tersedia. c) kondisi kesejahteraan dan gaji guru. The quality of education is a complex problem and multideminsional. If we talk of quality education means being telescoped overall dimensions of education related to one another. The quality of education is strongly associated with the manager / management of the institutions. The quality of education will be better, if the management of educational institutions are properly managed, and vice versa. This research type is descriptive qualitative approach. Source of data that is used is primary data sources include the school principal, vice principals , and teachers. The technique of data collection that is used is the participative observation method, unstructured interviews, documentation. The test of data validity uses credibility, transferability, dependability, and confirmability test. The Technique of Data analysis consists of four stages namely collection, data reduction, data presentation and conclusion. From the results of this research can be concluded: 1) The Quality of Tarbiyatul Islamiyah Islamic Elementary School Tanjunganom Gabus Pati is begun to make situational analysis plan at the school to comply with existing needs, followed by formulating the desired goals based on the vision and mission of the school refers to content standards, process standards, competency standards, the standards of educators and education personnel, facilities and infrastructure standards, management standards. (2) The Efforts of islamic school quality improvement in Tarbiyatul Islamiyah Islamic Elementary School Tanjunganom Gabus Pati on implementation of education quality improvement, it has made the programs in accordance with the desired goal, education quality improvement. Then, it is carried out with responsibility fully by all members of it, so everyone who is involved in the education quality improvement program will be given the responsibility proportionately. 3) The problems of islamic school improvement in Tarbiyatul Islamiyah Islamic Elementary School Tanjunganom Gabus Pati are: a) the dual position, (b) low human resources available. c) welfare conditions and teachers salary.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem; Mutu; MI Tarbiyatus Islamiyah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jul 2017 01:03
Last Modified: 23 Jul 2017 01:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1640

Actions (login required)

View Item View Item