IMPLEMENTASI MODEL IDENTITY EDUCATION DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI DI MAN 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hamid, Hanif Abdul (2017) IMPLEMENTASI MODEL IDENTITY EDUCATION DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI DI MAN 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang meliputi: 1) untuk mengetahui proses implementasi model identity education dalam mengembangkan kemampuan interpersonal dan kemandirian siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 2) untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat implementasi model identity education dalam mengembangkan kemampuan interpersonal dan kemandirian siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 3) untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi hambatan implementasi model identity education dalam mengembangkan kemampuan interpersonal dan kemandirian siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi yang diperoleh dari informan (Kepala Madrasah, Guru mapel Akidah Akhlak, siswa) terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di MAN 1 Kudus. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi model pembelajaran identity education pada mata pelajaran akidah akhlak sudah baik, ini terlihat dari setelah pelaksanaan model identity education mampu mengembangkan kemampuan interpersonal dan kemandirian pada din siswa. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi model identity education dalam mengembangkan kemampuan interpersonal dan kemandirian siswa pada mata pelajaran akidah akhlak adalah : a) Keadaan tonus jasmani siswa yang sehat. b) Kompetensi guru. c) intelegensi siswa. d) Sarana dan prasarana. e) Minat belajar siswa yang tinggi. f) Program-program yang ada di sekolah. g) Sumber belajar. h) Perhatian dari orang tua kepada anaknya. Sedangkan faktor yang menghambat dalam implementasi model identity education pada mata pelajaran akidah akhlak adalah: a) Perhatian dan motivasi siswa yang masih lemah. b) Kurang perhatian dari orang tua. c) Pengaruh kerentanan sosial masyarakat. 3) Adapun upaya guru dalam mengatasi hambatan implementasi model identity education adalah : a) guru harus mampu mengelola kondisi kelas mulai dari perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. b) Guru juga hams mampu memotivasi siswa dalam belajar. c) Guru hams meningkatkan komunikasi secara intensif dengan wali kelas, guru BK serta wali murid dalam rangka penguatan jati din siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model; Identity Education; Interpersonal; Kemandirian; Akidah Akhlak
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Sep 2017 02:01
Last Modified: 27 Sep 2017 02:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1685

Actions (login required)

View Item View Item