Mita Karina, Riyantina (2017) IMPLEMENTASI METODE BERCAKAP-CAKAP UNTUK MENANAMKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU AL-KHURRIYAH 01 BESITO GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (314kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (77kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (87kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (210kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (116kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (198kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) |
Abstract
Metode bercakap-cakap digunakan sebagai cara untuk menanamkan pembelajaran akhlak pada anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu; 1) untuk mengetahui implementasi metode bercakap-cakap untuk menanamkan akhlak anak usia dini di RA Muslimat Nu Al-Khurriyah 01 Besito Gebog Kudus, 2) untuk mengidentifikasi kendala, dan 3) solusi yang di hadapi dalam menanamkan akhlak anak usia dini di RA Muslimat Nu Al-Khurriyah 01 Besito Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data primer meliputi kepala RA, wakil kepala kurikulum, guru kelas dan wali murid. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumen yang terkait dengan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi jenis partisipasi pasif (passive participation), interview semi terstruktur (semistructure interview) dan dokumentasi dan teknik analisis data penelitian menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi (verivication) . Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1) implementasi secara langsung melalui interaksi guru dan siswa, siswa dengan siswa, siswa dengan orang tua, maupun siswa dengan penjaga sekolah. Dalam mengaplikasikan metode ini guru dapat mengambil langkah-langkah seperti pengenalan, dimana anak dikenalkan terlebih dahulu mengenai akhlak anak, seperti pembiasaan bertingkah laku baik, bertutur kata dengan sopan. 2) Karena minimnya minat anak dalam pembelajaran akhlak, naik turunnya ketertarikan anak yang guru sampaikan, kadang juga anak merasa tidak tertarik melalui metode ini. Sehingga hal ini menjadi kendala bagi guru yang mengajar. Karena pada hakikatnya tugas guru adalah untuk mentransfer apa yang diketahui kepada anak usia dini. 3) Oleh karena itu solusi dari kendala-kendala tersebut guru berusaha bersikap profesional dalam mengajar, memaksimalkan peraga yang ada baik dengan peraga yang ada di kelas maupun peraga dari alat-alat audiovisual di perbanyak. Dan harus mampu mengaplikasikan kegiatan pembelajaran semenarik mungkin
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bercakap-cakap; Akhlak Anak Usia Dini. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 07:26 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 07:26 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1716 |
Actions (login required)
View Item |