Mazidah, Nor (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN USAHA BUSANA MUSLIM DI DESA JEPANG PAKIS JATI KUDUS. SKRIPSI, KUDUS: JURUSAN SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM PRODI EKONOMI SYARIAH STAIN KUDUS, 2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.compressed.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.compressed.pdf Download (70kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.compressed.pdf Download (69kB) |
|
Text
4. BAB I.compressed.pdf Download (123kB) |
|
Text
5. BAB II.compressed.pdf Download (279kB) |
|
Text
6. BAB III.compressed.pdf Download (90kB) |
|
Text
7. BAB IV.compressed.pdf Download (235kB) |
|
Text
8. BAB V.compressed.pdf Download (74kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.compressed.pdf Download (73kB) |
Abstract
Pengembangan usaha merupakan hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh wirausahawan, karna seorang wirausahawan dikatakan sukses apabila sudah mampu mengembangkan usaha yang dikelola. Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan usaha maka usaha dapat dikembangkan kearah yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mendorong pengembangan usaha busana muslim di Desa Jepang Pakis Jati Kudus (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pengembangan usaha busana muslim di Desa Jepang Pakis Jati Kudus dan (3) untuk mengetahui strategi wirausahawan dalam menghadapi hambatan-hambatan usaha. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dengan 3 konveksi dan kepala desa Jepang Pakis Jati Kudus dan melalui observasi, yang dilakukan di obyek penelitian dan melalui dokumentasi. Penelitian dilakukan di Desa Jepang Pakis Jati Kudus pada bulan Juni sampai Agustus 2017. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor pendorong pengembangan usaha busana muslim di Desa Jepang Pakis Jati Kudus, yaitu: kemampuan dan kemauan, tekad yang kuat dan kerja keras, kesempatan dan peluang, lokasi, kualitas produk, hubungan dengan pemasok dan distributor, keuangan, organisasi, perencanaan, administrasi, peraturan pemerintah, politik, sosial, ekonomi dan budaya lokal, catatan bisnis. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: pengetahuan dasar yang dimiliki, keterbatasan waktu, modal usaha, lokasi yang kurang memadai, kurangnya pengawasan peralatan, ketidakmampuan dalam melakukan peralihan kewirausahaan, kontradiktif antara pendidikan, latar belakang, pengalaman, dan kesukaan dengan bisnis, tidak melakukan riset dan analisis pasar, masalah legalitas dan perizinan, tidak kreatif dan inovatif, cepat puas diri, one man show or “the boss not a leader”. Strategi yang digunakan wirausahawan di Desa Jepang Pakis dalam menghadapi hambatan-hambatan yaitu: mengenali bisnis secara mendalam, mengembangkan rencana bisnis yang matang, mengelola sumber daya keuangan, memahami laporan keuangan, mengelola karyawan secara efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Usaha; Faktor yang mempengaruhi; Busana Muslim |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Produksi dan Industri |
Divisions: | Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 03:33 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 03:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1737 |
Actions (login required)
View Item |