Fitriyah, Sa’adatul (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL TAUHID DI MTS MIFTAHUL ‘ULUM TAMBAKROMO PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (396kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (136kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (240kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (113kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (266kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (92kB) |
|
Text
9. DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (65kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Tauhid di MTs Miftahul ‘Ulum Tambakromo Pati tahun pelajaran 2017/2018. Dan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Tauhid di MTs Miftahul ‘Ulum Tambakromo Pati tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, peyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Tauhid di MTs Miftahul ‘Ulum Tambakromo Pati berdasarkan hasil penelitian adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman peserta didik dalam belajar, semakin tertariknya peserta didik akan pembelajaran muatan lokal Tauhid. Dengan adanya rujukan kitab Aqidatul Awam ini, peserta didik diarahkan oleh pendidik untuk menghafal dan menyetorkan materi yang ada dalam kitab. Adapun metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah hafalan, ceramah, dan tanya jawab. Pendidik menjelaskan materi kepada peserta didik dengan procedural dan deklaratif. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Tauhid di MTs Miftahul ‘Ulum Tambakromo dibagi menjadi dua yakni dalam diri (internal) dan dari luar (eksternal) yang meliputi: 1) Peserta didik antusias mengikuti pelajaran. 2) Rasa penasaran dan keingintahuan peserta didik terhadap materi pembelajaran Tauhid. 3) Berbagai macam motivasi yang mendorong peserta didik untuk tetap semangat dalam belajar. 4) Didukung oleh peserta didik yang kebanyakan berasal dari lingkungan religi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sebagai berikut: 1) Ketidakdisiplinan siswa. 2) Tingkat perhatian dan konsentrasi peserta didik. 3) Alokasi waktu pembelajaran muatan lokal Tauhid yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Tauhid |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Oct 2017 03:25 |
Last Modified: | 05 Oct 2017 03:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1759 |
Actions (login required)
View Item |