PERAN FORUM KOMUNIKASI DINIYAH TAKMILIYAH (FKDT) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU MADRASAH DINIYAH DI KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS

Mustabsyiroh, Zahrotul (2017) PERAN FORUM KOMUNIKASI DINIYAH TAKMILIYAH (FKDT) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU MADRASAH DINIYAH DI KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Madrasah Diniyah merupakan lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan dan pengajaran secara klasikal yang bertujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan pengetahuan agama Islam. Berbagai upaya telah dilakukan oleh guru Diniyah untuk mengoptimalkan dan untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus, 2) Untuk mengetahui peranan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dalam meningkatkan kompetensi sosial guru Madrasah Diniyah di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus dan 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dalam meningkatkan kompetensi sosial guru Madrasah Diniyah di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan pada kondisi yang alamiyah dan bertujuan menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan yang besifat verbal (kata-kata atau gambar) dan tidak berupa angka-angka dengan subyek penelitian meliputi Ketua FKDT Kecamatan Bae, Kepala Madrsah, dan guru Diniyah yang ada di kecamatan Bae. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi yakni pengamatan tentang pelaksanaan FKDT. Wawancara tentang program-program pelaksanaan, peranan dan usaha yang dilakukan FKDT. Dokumentasi berupa data-data yang ditemukan di lapangan tentang kegiatan FKDT. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data dengan mengelompokkan semua data yang telah ditemukan, penyajian data dengan membuat pola yang berhubungan dengan rumusan masalah, dan verifikasi data dengan menyimpulkan data yang telah dikelompokkan hingga menjadi pola yang sesuai dengan rumusan masalah yakni program, peranan dan upaya FKDT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program-program Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kecamatan Bae sudah berjalan dengan baik. Adapun program-program lainnya dalam meningkatkan kompetensi sosial guru yang sudah terealisasi adalah penyelenggaraan ujian atau imtihan secara bersama, pendataan guru dan data siswa (data emis), meningkatkan kesejahteraan guru dengan mengusulkan bantuan honor dari DIPA Kemenag RI, dan mengadakan kegiatan lomba PORSADIN tingkat Kecamatan Bae. 2) Peran Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dalam meningkatkan kompetensi guru Madrasah Diniyah khususnya kompetensi sosial di Kecamatan Bae adalah sebagai wadah koordinasi, komunikasi, interaksi dan diskusi guru diniyah tentang persoalan ke-Madrasa-an, lebih-lebih dalam meningkatkan kompetensi guru, khususnya kompetensi sosial Kompetensi sosial sangat perlu dan harus dimiliki oleh seorang guru, karena bagaimanapun proses pendidikan itu berlangsung dampaknya akan dirasakan bukan hanya oleh siswa tetapi juga masyarakat yang menerima dan memakai lulusannya. 3) Upaya yang dilakukan oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dalam meningkatkan kompetensi sosial guru Madrasah Diniyah di Kecamatan Bae adalah menginstruksikan kepada guru Madrasah Diniyah untuk mengikuti workshop atau pelatihan tentang peningkatan kompetensi guru yang diselenggarakan oleh Kemenag, dan mengadakan rapat rutinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT); Kompetensi Sosial Guru Madrasah Diniyah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:27
Last Modified: 09 Oct 2017 02:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item