Aslamiyah, Khamlatul (2017) IMPLEMENTASI TEKNIK SCHOOL REVIEW DI MAN 01 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
COVER.pdf Download (896kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (594kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (589kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (672kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (838kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (696kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (752kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (629kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (594kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik school review di MAN 01 Jepara tahun pelajaran 2017/2018. Di dalam penelitian ini terdapat dua permasalahan, yaitu (1) Bagaimana implementasi teknik school review di MAN 01 Jepara tahun pelajaran 2017/2018. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi teknik school review di MAN 01 Jepara tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi yaitu pengamatan dan pencatatan fenomena yang dilihat secara langsung tentang keadaan sekolah secara umum, letak geografis, sarana dan prasarana dan proses pelaksanaan kegiatan sosialisasi. Lalu dokumentasi yang berupa transkip, surat keterangan peneliti, jumlah guru, keadaan peserta didik, keadaan tenaga kependidikan, sarana prasarana, jadwal kegiatan sosialisasi, buku catatan kehadiran, dan foto. Kemudian wawancara yang diperoleh dari kepala sekolah, guru, Bk, pengasuh pondok, orangtua peserta didik, dan masyarakat di MAN 01 Jepara. Dan analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Implementasi teknik school review di MAN 01 Jepara. Bahwasanya teknik tersebut adalah bentuk kerjasama seluruh komponen madrasah dengan orangtua dan pihak profesional lainnya guna meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Hal ini terbukti dengan dilaksanakannya kerjasama yaitu dengan orangtua peserta didik, masyarakat, pondok pesantren, Psikolog, medis, dan perguruan tinggi. Teknik ini dalam rangka memecahkan permasalahan mengenai kesesuaian hasil yang dicapai sekolah dengan harapan orangtua peserta didik dan peserta didik, prestasi belajar peserta didik, faktor yang menghambat upaya peningkatan kualitas peserta didik, dan faktor pendukung dalam rangka meningkatkan mutu yang dimiliki sekolah. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi teknik school review di MAN 01 Jepara tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti adanya faktor pendukung yaitu terjalinnya interaksi dan kerjasama yang baik dari pihak madrasah dengan orangtua peserta didik dan masyarakat sekitar madrasah, dan kepercayaan masyarakat sebagai tokoh agama dan tokoh masyarakat. faktor yang sangat strategis dalam upaya menentukan mutu dan hasil kerja sekolah adalah profesionalisme. Tanpa profesionalisme kepala sekolah, guru, dan pengawas akan sulit dicapai MBS yang bermutu tinggi. Sedangkan faktor yang menghambat adalah kurangnya sosialisasi kepala sekolah terhadap guru dan karyawan tentang implementasi sistem manajemen mutu dan kurangnya sifat terbuka oleh pihak sekolah dengan orangtua peserta didik dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | School Review; Orang Tua Peserta Didik; Masyarakat |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 07:48 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 07:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1817 |
Actions (login required)
View Item |