EVALUASI PROGRAM ASRAMA PESERTA DIDIK DI MA NU ASSALAM TANJUNGKARANG JATI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2016

Zakaria, Zakaria (2017) EVALUASI PROGRAM ASRAMA PESERTA DIDIK DI MA NU ASSALAM TANJUNGKARANG JATI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2016. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (966kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk : 1) mendeskripsikan program asrama peserta didik, 2) evaluasiprogram asrama peserta didik dan3) faktor pendorong dan penghambat dalam evaluasi program asrama peserta didik di MA NU Assalam Tanjungkarang Jati Kabupaten Kudus Tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi (evaluation research) yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan suatu situasi atau area populasi tertentu yang bersifat faktual secara sistematis dan akurat,dan merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah; Kepala Madrasah Aliyah Assalam Tanjungkarang Jati Kudus, Guru/ Pendamping di Asrama Madrasah Aliyah Assalam Tanjungkarang Jati Kudus, pengurus asrama dan siswa Asrama Madrasah Aliyah Assalam Tanjungkarang Jati Kudus. Sedangkan analisis yang digunakan adalah model Miles dan Hubbermanyaitu dengan cara data coolection, data reduction, data display, data verification. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: pertama, program asrama di MA NU Assalam Kudus di antaranya adalah belajar kitab kuning, dalam hal ini kitab menyesuaikan pendidikan peserta didik (kelas masing-masing), belajar bersama, dalam hal ini belajar dilakukan pada saat setelah selesai belajar di sekolah, yaitu pada waktu malam sampai pagi, dan belajar al-Qur’an. Kedua, evaluasi program asrama peserta didik di MA NU Assalam Kudus penerapannya dengan melihat hasil yang diperoleh, misalnya dari pembacaan kitab kuning, al-Qur’an dan hasil setelah pembelajaran di sekolah, dan ketiga, pendorong dalam evaluasi program asrama di MA NU Assalam Tanjungkarang Kudus adalah pemantauan peserta didik yang tinggal di asrama mudah, sarana prasarana yang memadahi, artinya gedung asrama sudah baik, guru atau ustadz yang mengajar sudah profesionaldan materi pembelajaran dari kitab kuning sudah terstruktur secara baik dan benar, menurut jenjang pendidikan peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang profesionalnya pendidik dalam melakukan evaluasi program, karena keterbatasan waktu, dan peserta didik sendiri, karena terlalu banyak peserta didik yang tinggal di asrama, maka pihak asrama kewalahan apabila melakukan evaluasi program jika dilihat dari individu per individu

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Program dan Asrama
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:58
Last Modified: 17 Oct 2017 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1865

Actions (login required)

View Item View Item