Indrayani, Ferry (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU PADA AREA AGAMA BAGI ANAK USIA DINI DI RA NU TERPADU NURUL HUDA JETAK KEDUNGDOWO KEC. KALIWUNGU KAB. KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.compressed.compressed.pdf Download (348kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (862kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (835kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (933kB) |
|
Text
5. BAB II.compressed.pdf Download (230kB) |
|
Text
6. BAB III.compressed.pdf Download (141kB) |
|
Text
7. BAB IV.compressed.pdf Download (316kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (839kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (821kB) |
Abstract
Model pembelajaran terpadu pada area agama merupakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan area agama yang bertujuan untuk menjadikan anak didik berakhlakul karimah dengan cara menerapkan praktek-praktek ibadah sehingga pembelajaran semakin bermakna dan membumi dalam diri anak didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan memahami pembelajaran pada area agama, (2) Untuk menjelaskan implementasi model pembelajaran terpadu pada area agama bagi anak usia dini, (3) Untuk memahami faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan model pembelajaran terpadu pada area agama di RA NU Terpadu Nurul Huda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah (a) Sumber data primer meliputi kepala RA, waka kurikulum, wali kelas A yang juga sebagai pendamping area agama, anak didik, lokasi dan kegiatan pembelajaran terpadu di RA NU Terpadu Nurul Huda, (b) Sumber data sekunder meliputi dokumen atau arsip, gambar-gambar atau foto kegiatan pembelajaran terpadu, data program tahunan, bulanan, mingguan, dan RPPH (Rencana Program Pembelajaran Harian). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan semiterstruktur, dan dokumentasi gambar, tulisan, atau karya-karya monumental. Uji keabsahan data penelitian ini meliputi uji Credibility data, uji Transferability, uji Dependability, dan uji Confirmability. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Pembelajaran yang ada pada area agama yang ada di RA NU Terpadu Nurul Huda yaitu menggunakan pembelajaran terpadu. Dalam proses pembelajaran di area agama yaitu persiapan tema terpadu, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. 2) Implementasi model pembelajaran terpadu pada area agama bagi anak usia dini meliputi tiga tahap yakni persiapan untuk penyampaian materi dengan tema keterpaduan, kemudian praktek langsung ke area agama di dalam sekolah maupun diluar sekolah yang dituju yakni praktek sholat, praktek wudhu, tadarus Juz ‘amma, praktek ibadah haji atau manasik haji, kemudian tahap terakhir adalah tahap evaluasi atau feed back di kelas. 3) Faktor penghambat implementasi model pembelajaran terpadu pada area agama adalah mengalami kesulitan dalam mengkondisikan anak didik ketika mengikuti pembelajaran terpadu sedangkan faktor pendukung pada kegiatan Implementasi model pembelajaran terpadu pada area agama meliputi Faktor Internal (motivasi anak didik, kondisi anak didik dalam menerima materi di kelas serta kemampuan anak didik untuk mengaplikasikan materi di lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat). Faktor Eksternal (perencanaan model pembelajaran terpadu pada area agama, kreatifitas pendidik dalam menyampaikan materi dan metode pembelajaran, dukungan dari orang tua, dan dukungan finansial) pada anak didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Model Pembelajaran Terpadu; Area Agama |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 04:41 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 04:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1867 |
Actions (login required)
View Item |