STUDI ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN MODEL GERLACH DAN ELY PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Jannah, Laili Isroiyah (2016) STUDI ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN MODEL GERLACH DAN ELY PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. Bab II.pdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. Bab III.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui alasan diterapkannya desain pembelajaran model Gerlach dan Ely pada mata pelajaran fiqih di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus, (2) mengetahui langkah–langkah desain pembelajaran model Gerlach dan Ely pada mata pelajaran Fiqih di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat desain pembelajaran model Gerlach dan Ely pada mata pelajaran Fiqih di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah “field research” atau riset lapangan. Riset lapangan adalah melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden atau nara sumber, dengan cara melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Alasan diterapkannya desain pembelajaran model Gerlach dan Ely pada mata pelajaran fiqih, adalah bentuk realisasi guru dari kebijakan Kepala Madrasah dalam mendesain pembelajaran dengan model pembelajaran modern, model Gerlach dan Ely merupakan model pembelajaran yang menyenangkan, karena dapat membuat peserta didik lebih aktif dengan adanya pretest yang dilaksanakan secara lisan dan tersedianya sarana prasarana, seperti ruang kelas yang berukuran 7x8m, proyektor, whiteboard, buku, dan spidol. 2) Langkah–langkah pembelajaran fiqih dengan menggunakan desain pembelajaran model Gerlach dan Ely, dengan sistematika : (a) perencanaan, meliputi : merumuskan tujuan pembelajaran, menentukan isi materi, penilaian kemampuan awal peserta didik, menentukan strategi, pengelompokkan belajar, menentukan waktu, ruang, memilih media, evaluasi, dan analisis umpan balik yang dirangkum dalam bentuk RPP (b) pelaksanaan, meliputi : pada kegiatan appersepsi guru melakukan pretest secara lisan sebelum materi disampaikan, pada kegiatan inti, guru menjelaskan materi dengan metode ceramah dan menggunakan media cetak/buku, guru membagi peserta didik untuk berdiskusi, kemudian dilanjutkan dengan penutup (c) evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengerjakan LKS, pretest secara lisan, dan tanya jawab di akhir pembelajaran. 3) faktor pendukung Gerlach dan Ely pada mata pelajaran fiqih, adalah guru dapat mengetahui student achievement, peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik, dan tersedianya sarana prasarana, seperti : ruang kelas yang berukuran 7x8m, proyektor, whiteboard, buku, dan spidol. Sedangkan, faktor penghambatnya adalah waktu dan tidak adanya tahap pengenalan karakteristik peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Gerlach dan Ely; Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 04:05
Last Modified: 04 Dec 2016 04:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item