ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB KIFAYATUL AKHYAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAS TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Effendi, Mukhlas (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB KIFAYATUL AKHYAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAS TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (856kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (195kB)
[img] Text
3.Daftar Isi.pdf

Download (161kB)
[img] Text
4.Bab 1.pdf

Download (354kB)
[img] Text
5.Bab 2.pdf

Download (582kB)
[img] Text
6.Bab 3.pdf

Download (179kB)
[img] Text
7.Bab 4.pdf

Download (561kB)
[img] Text
8.Bab 5.pdf

Download (77kB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran kitab Kifayatul Akhyar dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas X MAS Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, 2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran kitab Kifayatul Akhyar dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas X MAS Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, dan 3) efektivitas dalam pelaksanaan pembelajaran kitab Kifayatul Akhyar dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas X MAS Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Kualitatif. Sedangkan pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang dimaksud untuk menjelaskan fenomena atau karakteristik individu, situasi atau kelompok tertentu secara akurat. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya yaitu dengan cara reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclution drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan pembelajaran kitab Kifayatul Akhyar pada mata pelajaran Fikih di kelas X MAS Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus dalam meningkatkan pemahaman siswa harus ada persiapan yang terstruktur dari materi, guru, bahkan siswanya harus dipersiapan baik dari tanggung jawab, motivasi, dan faktor pendukung lainnya. 2) Di antara faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran kitab Kifayatul Akhyar dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas X MAS Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus adalah : Para siswa rata-rata sudah memahami bahasa Arab, bahkan mereka juga sudah bercakap dengan bahasa Arab jadi cukup membantu untuk bekal mereka memahami kitab ini; para siswa; pebelajaranya menggunakan projektor sehingga penjelasan lebih ringkas dan padat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah : Fikih kurikulum dan kitab belum jadi satu, sehingga harus diselaraskan atau dipadukan;Siswa terlalu lelah, karena kegiatan terlalu padat; Siswa sedang tidak nafsu untuk belajar. 3) Efektivitas pelaksanaan pembelajaran kitab Kifayatul Akhyar pada mata pelajaran Fikih di kelas X dalam meningkatkan pemahaman siswa merupakan hasil keefektifan dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di MAS Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus dibuktikan dengan perolehan nilai yang memenuhi standar KKM dan observasi tanya jawab dengan siswa setelah pembelajaran selesai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran; Kitab Kifayatul Akhyar dan Pemahaman Siswa
Subjects: 200 Agama
Fiqih
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 05:33
Last Modified: 04 Dec 2016 05:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item