PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF RECONNECTING (MENGHUBUNGKAN KEMBALI) PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS.AN-NUR DAREN NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

SHOLIKHAH, AFRIKHATUS (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF RECONNECTING (MENGHUBUNGKAN KEMBALI) PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS.AN-NUR DAREN NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran SKI, untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif Reconnecting pada mata pelajaran SKI. Penelitian yang peneliti gunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data ini menggunakan beberapa metode yang digunakan antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) proses pembelajaran SKI di MTs.An-Nur Daren Nalumsari Jepara yang berlangsung selama ini cukup baik, berjalan dengan lancar karena sebelum melaksanakan pembelajaran guru terlebih dahulu menyusun RPP. Materi yang diajarakan mengikuti apa yang tertera dalam kurikulum yang mencakup alokasi waktu, kompetensi inti dan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa setiap hari.(2) penerapan strategi pembelajaran aktif Reconnecting (Menghubungkan Kembali) pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs.An-Nur Daren Nalumsari Jepara, langkah-langkah guru dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Reconnecting (Menghubungkan Kembali) ini melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Strategi ini biasanya diterapkan diawal pembelajaran dengan alasan daya ingatan siswa masih bagus, dilakukan lewat pertanyaan bergilir atau siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendapatkan respon belajar siswa yang lebih baik. (3)Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran aktif Reconnecting (Menghubungkan Kembali) pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs.An-Nur Daren Nalumsari Jepara,faktor pendukungnya peran aktif peserta didik, kompetensi guru, rasa ingin tahu yang tinggi dari peserta didik, serta sarana dan prasarana yang mendukung penerapan tersebut, dan yang paling utama adalah dukungan dari kepala madrasah, sedangkan hambatan Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Reconnecting (Menghubungkan Kembali) Pada Mata Pelajaran SKI di MTs. An-Nur Daren Nalumsari Jepara diantaranya yaitu kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, sehingga guru harus pandai-pandai menyesuaikan keadaan tersebut agar penerapan strategi tersebut berhasil, keterbatasan jam mata pelajaran yang ada,karena strategi pembelajaran Aktif Reconnecting (Menghubungkan Kembali) ini merupakan sebuah proses dan membutuhkan waktu untuk dapat mempengaruhi cara berfikir peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif; Reconnecting (Menghubungkan Kembali); Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:06
Last Modified: 30 Apr 2018 02:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item