PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ISLAMI MELALUI METODE DAKWAH MAUIZAH HASANAH MASYARAKAT DI DESA MAYONG LOR KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA

Khusna, Nurfita Lailatul (2016) PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ISLAMI MELALUI METODE DAKWAH MAUIZAH HASANAH MASYARAKAT DI DESA MAYONG LOR KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1.COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2.ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3.DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4.BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 5.BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 6.BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 7.BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 8.BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sebuah kegiatan unik dan menarik yang dijumpai peneliti di salah satu Desa membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan kegiatan tersebut. Peneliti mengambil sebuah judul penelitian “Pembentukan Kepribadian Islami Melalui Metode Dakwah Mauizah Hasanah Masyarakat Di Desa Mayong Lor Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara”. Penelitian yang berlokasi di Desa mayong lor ini meneliti sebuah kegiatan yang dianggap menarik oleh peneliti, yakni pembentukan kepribadian Islami. Peneliti menganggap kegiatan pembentukan kepribadian Islami menarik ditengah maraknya zaman yang serba modern ini. Dalam penelitian, peneliti menghubungkan kegiatan Pembentukan kepribadian Islami melalui metode dakwah mauizah hasanah. Peneliti hendak menggali informasi mengenai pembentukan kepribadian Islami yang dilaksanakan di Desa Mayong Lor melalui metode dakwah mauizah hasanah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dari kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Oleh karena itu dalam pelaksanaannya, menggunakan metode pengumpulan data dan metode analisis yang bersifat non kuantitatif, seperti misalnya penggunaan instrumen wawancara mendalam dan pengamatan. Setelah data-data dari wawancara terkumpul dan selanjutnya dianalisis oleh peneliti, maka ditemukan hasil: Pertama, Kepribadian Islami masyarakat di Desa Mayong Lor Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara antara lain meningkat minat masyarakat untuk mengikuti jami’iyah-jami’iyah dan berbagai kegiatan keagamaan yang didalamnya di isi dengan mauizah hasanah dari da’i sehingga banyak masyarakat yang mengalami peningkatan kepribadian Islami, terutama dalam prilaku dan keagamaannya, dari rajin sholat lima waktu, bersedekah, dan hal-hal kecil lainnya seperti tata cara berwudlu, sholat, puasa, menutup aurot, dll. Kedua, Pembentukan kepribadian Islami melalui metode dakwah mauizah hasanah masyarakat di Desa Mayong Lor Mayong Jepara yaitu melalui pengajian-pengajian, baik harian maupun mingguan dan dihari-hari besar islam, juga melalui jami’iyah-jami’iyah dan organisasi-organisasi Islam dengan memberikan mauizah hasanah. Disamping itu juga menanamkan akhlak yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui adanya dakwah mauizah hasanah juga dapat memberikan pengetahuan-pengetahuan agama Islam misalnya masyarakat dapat mengetahui tentang sejarah Islam, mengenai peringatan dan ancaman, dan juga dapat mengetahui tentang hukum-hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Islami dan Mauizah Hasanah
Subjects: Agama
Sosial > Interaksi Sosial
Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
Divisions: Jurusan Dakwah dan Komunikasi > Prodi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 05:50
Last Modified: 04 Dec 2016 05:50
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item