Karim, Abdul (2015) Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). -.
Text
BUKU Pembelajaran IPS.pdf Download (16MB) |
Abstract
Salah satu sebab yang menjadikan kegagalan pembelajaran adalah tidak dipahami dengan baik karakteristik materi pembelajaran. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang sesungguhnya sangat dekat dengan dunia faktual, yang terumuskan dari fakta, konsep, generalisasi dan teori, namun kenyataan hasil pembelajaraanya 'kering', tidak menunjukkan adanya interrelasi antar gejala-gejala sosial, fisik dan budaya. Pembelajaran cenderung verbalistik tidak kontekstual, sehingga tidak dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. Buku ini menelusuri hakekat karakteristik IPS, bagaimana meramu materi IPS menjadi bahan ajar yang efektif, mendesain model pembelajaran yang kooperatif dan dapat memacu kreativitas, membentuk karakter pribadi peserta didik yang tidak hanya hafal materi, akan tetapi mampu menganalogikan hal-hal yang lebih luas, kongkret dan dinamis.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Karya Ilmiah > Buku |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 06:52 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 06:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2130 |
Actions (login required)
View Item |