EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSTANUL ‘ILMIT TAJWID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP HUKUM TAJWID di MTs NEGERI 3 REMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019

LATIFAH, SYARIFATUL (2018) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSTANUL ‘ILMIT TAJWID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP HUKUM TAJWID di MTs NEGERI 3 REMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (826kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (577kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (641kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (409kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran bustanul ‘ilmit tajwid pada materi hukum bacaan tajwid dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Negeri 3 Rembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode quasi experiment, dengan sampel kelas VIII1 dan kelas VIII4 MTs Negeri 3 Rembang. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, atau hampir sama dengan Pretest-Postest Control Group Design. berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa efektifitas media pembelajaran bustanul ‘ilmit tajwid masuk dalam kriteria rendah, yaitu dengan nilai gain ternormalisasi pada kelas eksperimen sebesar 0,26 masuk dalam kriteria rendah, dan kelas kontrol sebesar 0,04 masuk dalam kriteria rendah. Jika di bandingkan nilai gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwa efektifitas penggunaan media bustanul ‘ilmit tajwid di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang tanpa menggunakan media bustanul ‘ilmit tajwid pada materi hukum bacaan tajwid dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri 3 Rembang. Berdasarkan hasil uji t dari hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung > ttabel (2,124 > 1,672), dengan demikian mampu menolak HO dan menerima Ha. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran bustanul ‘ilmit tajwid efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa yang dilihat dari hasil belajar siswa pada materi huku bacaan tajwid dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Negeri 3 Rembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: efektifitas; media pembelajaran bustanul ‘ilmit tajwid; pemahaman.
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat > Tajwid
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Mar 2019 03:01
Last Modified: 22 Mar 2019 02:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2144

Actions (login required)

View Item View Item