IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI KITAB AKHLAK LIL BANAT JUZ 1 DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KELAS 2 ULA NGEMBALREJO BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

UMAMI, RISALATUL (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI KITAB AKHLAK LIL BANAT JUZ 1 DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KELAS 2 ULA NGEMBALREJO BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (907kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (397kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (957kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (455kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)

Abstract

Karakter baik bisa dilatih dengan cara memberikan pendidikan kepada seseorang. Pendidikan Agama Islam mempunyai andil besar dalam menentukan seseorang memiliki karakter positif. Salah satu pendidikan agama Islam yaitu Kitab Akhlak lil Banat Juz 1 yang diharapkan dapat membentuk perilaku yang berakhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “Implementasi Pendidikan Karakter Siswa melalui Kitab Akhlak Lil Banat Juz 1 Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Ulum Kelas 2 Ula Ngembalrejo Bae Kudus 2018/2019”. Fokus penelitian ini untuk menjawab permasalahan: (1)Bagaimana Pendidikan Karakter dalam Kitab Akhlak lil Banat Juz 1 di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Ulum kelas 2 Ula Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 1?. (2) Bagaimana Proses Pembelajaran Kitab Akhlak lil Banat di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Ulum Kelas 2 Ula Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019? Banat Tahun Pelajaran 2018/2019?.(3) Bagaimana Hasil Proses Pembelajaran Kitab Akhlak lil Banat juz 1 di Madrasah Diniyah Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, mengadakan member check, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data dengan menggunakan data collection, data reduction, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kitab Akhlak lil Banat telah dipaparkan secara jelas dalam bentuk contoh-contoh yang mengandung karakter luhur di dalamnya, seperti jujur, adil, berani, saling menghormati, menyayangi dan kitab tersebut patut dijadikan referensi untuk belajar akhlak. Kedua, Proses pembelajaran dilaksanakan di Madrasah Diniyah sudah berjalan dengan baik dan hasilnya mampu meningkatkan karakter peserta didik, proses pelaksanaan dilaksanakan dengan menggunakan metode bandungan, Tanya Jawab, Ceramah, dll. Sedangkan untuk media di Madrasah Diniyah Darul Ulum sudah memadai dan sangat menunjang dalam proses pembelajaran. Ketiga, hasil dari proses pelaksanaan pembelajaran dibuktikan dengan perilaku siwa yang digambarkan yaitu sopan siswa kepada seorang guru, dan siswa mempunyai rasa ta’dzim yang begitu besar kepada para Asatidz di Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus. Jadi, implementasi pendidikan karakter siswa melalui kitab akhlak lil banat juz 1 memberi dampak positif bagi pembentukan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Mar 2019 03:40
Last Modified: 22 Mar 2019 02:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2145

Actions (login required)

View Item View Item