PERAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MUSLIM DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PEDESAAN (PUAP) (STUDI PADA KELOMPOK TANI KOMODITI TANAMAN PADI DI DESA TUNJUNGREJO KECAMAAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI)

Fatimah, Ema (2016) PERAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MUSLIM DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PEDESAAN (PUAP) (STUDI PADA KELOMPOK TANI KOMODITI TANAMAN PADI DI DESA TUNJUNGREJO KECAMAAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
001. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
002. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
003. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
004. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
005. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
006. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
007. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
008. BAB V.pdf

Download (942kB)
[img] Text
009. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitia ini adalah 1) Untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat muslim di Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. 2) Untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan masyarakat muslim di Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati tidak mengikuti program pengembangan usaha agribisnis pedesaan. 3) Untuk mengetahui peran pemberdayaan masyarakat muslim di Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati agar dapat mengembangkan program pengembangan usaha agribisnis pedesaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research, pendekatan kualitatif, sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait dengan permasalahan penelitian, yaitu Kepala Desa, Penyuluh Pendamping, Pengurus Serta Anggota. Adapun obyek penelitian ini dilakukan di Gapoktan Subur Makmur Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Hasil penelitian diketahui bahwa pemberdayaan masyarakat muslim di Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati dilakukan dengan cara diberikan sosialisasi dan pelatihan dalam mengembangkan program pengembangan usaha agribisnis pedesaan (PUAP). Kendala-kendala yang menyebabkan masyarakat tidak mengembangkan program pengembangan usaha agribisnis pedesaan (PUAP) adalah kurangnya pengetahuan dan potensi yang dimiliki, kurangnya partisipasi masyarakat, pemikiran masyarakat yang masih kuno, pembiayaan yang bermasalah, persyaratan pinjaman yang memberatkan. Sedangkanupaya-upaya yang dilakukan agar masyarakat dapat mengembangkan program pengembangan usaha agribisnis pedesaan (PUAP) adalah melakukan sosialisasi, melakukan pendekatan, memberikan motivasi, kemudian mengadakan penelitian. Beberapa cara yang telah dilakukan untuk membuat masyarakat dapat mengembangkan program PUAP dirasa sudah tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat; Gapoktan Subur Makmur; Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP)
Subjects: Sosial
Sosial > Sosiologi dan Antropologi
Sosial > Interaksi Sosial
Sosial > Ilmu Ekonomi > Produksi dan Industri
Divisions: Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 06:22
Last Modified: 04 Dec 2016 06:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item View Item