Fachrudin, Aziz Noor (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN DEMOKRATIS PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ PROGRAM BOARDING SCHOOL KELAS UNGGULAN DI MTS NEGERI 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVERR.pdf Download (226kB) |
|
Text
2. ABSTRAKSI.pdf Download (10kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (33kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (96kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (38kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (139kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Download (11kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Pendekatan demokratis pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq dilakukan melalui Program boarding school Kelas Unggulan, serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pendekatan demokratis pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Program boarding school Kelas Unggulan di MTs Negeri 1 Kudus. Implementasi pendekatan demokratis pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq dilakukan melalui Program boarding school Kelas Unggulan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi serta triangulasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru mata pelajaran, serta siswa-siswi yang terlibat dalam program boarding school kelas unggulan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan dengan pengumpulan data, reduksi data yang difokuskan pada data implementasi pendekatan demokratis pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq dilakukan melalui program boarding school Kelas Unggulan, penyajian data (data display), serta membuat kesimpulan dan verifikasi (conclution and verification). Implementasi pendekatan demokratis pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq program boarding school Kelas Unggulan yang diselenggarakan rutin setiap tahun. Tujuan pendekatan ini pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq adalah mengembangkan kemandirian dan berani berpendapat secara bebas terhadap dan sesuai mata pelajaran serta sebagai bentuk pelatihan sikap kritis siswa. Pelaksanaan program boarding school kelas unggulan ini adalah dengan memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk hidup di tengah lingkungan sekolah dan berdemokratis. Hasil evaluasi pendekatan demokratis menunjukkan bahwa siswa yang melaksanakan program boarding school kelas unggulan disertai motivasi dari guru mata pelajaran mengalami perubahan sikap positif berupa berkembangnya kemandirian, berani berpendapat dan tidak takut menyampaikan gagasan. Faktor pendukung pendekatan demokratis pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq program boarding school yaitu kesiapan siswa, kematangan perencanaan program, dukungan komite sekolah serta dukungan dari guru. Sedangkan faktor penghambat meliputi kebiasaan negatif siswa, kurangnya kesempatan guru terhadap siswa dalam memberikan pertanyaan ataupun pendapat, respon siswa serta terhadap guru kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan; Demokratis; Boarding School; Kelas Unggulan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Dec 2016 06:19 |
Last Modified: | 04 Dec 2016 06:19 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/216 |
Actions (login required)
View Item |