HUDA, SHOLIKHUL (2018) IMPLEMENTASI SOCIO-EMOTIONAL CLIMATE APPROACH UNTUK PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI IPA DI MA NU HASYIM ASY’ARI 02 KARANGMALANG GEBOG KUDUS TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (961kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (297kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (252kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (347kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (255kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (447kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (199kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: (1) Untuk mengetahui desain pendekatan Sosio-Emosional Climete Approach untuk pengelolaan kelas pada pendidikan aqidah akhlak Kelas XI IPA di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Karang Malang Gebog Kudus (2) Untuk mengetahui penerapan pendekatan Sosio-Emosional Climete Approach untuk pengelolaan kelas pada pendidikan aqidah akhlak Kelas XI IPA di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus (3) Untuk mengetahui hasil pengelolaan kelas pada pendidikan aqidah akhlak Kelas XI IPA di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus setelah mengimplementasikan Sosio-Emosional Climete Approach. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Di sini penulis mengambil lokasi di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan deskripsi naturalistik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: penyusunan dalam pengelolaan kelas membuat perencanaan (pembuatan silabus, prota, promes dan RPP), dari pelaksaannya dengan menggunakan strategi pembelajaran individual learning beserta kooperatif. Alasan penerapan pendekatan Sosio-Emosional Climete Approach dalam pengelolaan kelas pada pendidikan aqidah akhlak Kelas XI IPA yaitu: (1). adanya kebijakan dari kepala madrasah dalam memilih dan menggunakan pendekatan. (2). Agar guru lebih mudah memahami secara personal. (3). Sosio-Emosional Climete Approach merupakan salah satu pendekatan yang berpusat pada siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran. Untuk mengetahui dari hasil pengelolaan kelas Kudus setelah mengimplementasikan Sosio-Emosional Climete Approach. diantaranya, sudah terbukti semua kelas XI IPA dengan nilai rata-rata melebihi KKM, evaluasi yang digunaan mencakup ranah kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotorik (ketrampilan) sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Sosio-Emosional Climete Approach; Pengalaman Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 07:51 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 03:06 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2185 |
Actions (login required)
View Item |