IMPLEMENTASI SOCIO-EMOTIONAL CLIMATE APPROACH UNTUK PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI IPA DI MA NU HASYIM ASY’ARI 02 KARANGMALANG GEBOG KUDUS TAHUN AJARAN 2018/2019

HUDA, SHOLIKHUL (2018) IMPLEMENTASI SOCIO-EMOTIONAL CLIMATE APPROACH UNTUK PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI IPA DI MA NU HASYIM ASY’ARI 02 KARANGMALANG GEBOG KUDUS TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (961kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (255kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (447kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: (1) Untuk mengetahui desain pendekatan Sosio-Emosional Climete Approach untuk pengelolaan kelas pada pendidikan aqidah akhlak Kelas XI IPA di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Karang Malang Gebog Kudus (2) Untuk mengetahui penerapan pendekatan Sosio-Emosional Climete Approach untuk pengelolaan kelas pada pendidikan aqidah akhlak Kelas XI IPA di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus (3) Untuk mengetahui hasil pengelolaan kelas pada pendidikan aqidah akhlak Kelas XI IPA di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus setelah mengimplementasikan Sosio-Emosional Climete Approach. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Di sini penulis mengambil lokasi di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan deskripsi naturalistik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: penyusunan dalam pengelolaan kelas membuat perencanaan (pembuatan silabus, prota, promes dan RPP), dari pelaksaannya dengan menggunakan strategi pembelajaran individual learning beserta kooperatif. Alasan penerapan pendekatan Sosio-Emosional Climete Approach dalam pengelolaan kelas pada pendidikan aqidah akhlak Kelas XI IPA yaitu: (1). adanya kebijakan dari kepala madrasah dalam memilih dan menggunakan pendekatan. (2). Agar guru lebih mudah memahami secara personal. (3). Sosio-Emosional Climete Approach merupakan salah satu pendekatan yang berpusat pada siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran. Untuk mengetahui dari hasil pengelolaan kelas Kudus setelah mengimplementasikan Sosio-Emosional Climete Approach. diantaranya, sudah terbukti semua kelas XI IPA dengan nilai rata-rata melebihi KKM, evaluasi yang digunaan mencakup ranah kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotorik (ketrampilan) sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Sosio-Emosional Climete Approach; Pengalaman Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2019 07:51
Last Modified: 22 Mar 2019 03:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2185

Actions (login required)

View Item View Item