Pengaruh Penerapan Metode Quiz Team terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VII MTs N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

Sholekhah, Aniatus (2018) Pengaruh Penerapan Metode Quiz Team terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VII MTs N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf

Download (554kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (366kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (280kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (632kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara penerapan metode quiz team terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) kelas VII MTs N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini termasuk dalam lingkup penelitian terapan (applied research), karena dilakukan dengan tujuan menerapkan, menguji, dan mengevaluasi kemampuan suatu teori yang diterapkan dalam masalah-masalah praktis. Penelitian ini bersifat field research (penelitian lapangan) yaitu suatu penyelidikan atau penelitian dimana peneliti langsung terjun ke kancah untuk mencari bahan-bahan yang mendekati realitas kondisi yang diteliti. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs N 2 Kudus yakni pada ruang lingkup kelas VII. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah data tentang metode quiz team dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) kelas VII. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs N 2 Kudus yang berjumlah 62. Adapun sampel yang penulis ambil adalah 10% dari 62 yaitu 50 peserta didik kelas VII MTs N 2 Kudus dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai angka tentang pengaruh penerapan metode quiz team terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) kelas VII MTs N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan Metode Quiz Team dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam kategori sedang 2) Keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran SKI di MTs N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam kategori sedang. 3) Terdapat pengaruh antara penerapan metode quiz team terhadap peningkatan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran SKI di MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2018/2019 terlihat dari nilai koefisien sebesar 0,547 dengan t hitung 4,333 yang lebih dari t tabel 2,011 dengan besaran pengaruh 28,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Quiz Team; Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2019 01:58
Last Modified: 25 Mar 2019 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item View Item