PEMBINAAN KEAGAMAAN MELALUI KEGIATAN MENTORING DI PONDOK PESANTREN PUTRI MA’AHID KUDUS

Ratnasari, Erika (2018) PEMBINAAN KEAGAMAAN MELALUI KEGIATAN MENTORING DI PONDOK PESANTREN PUTRI MA’AHID KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (697kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (348kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (577kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan Pembinaan keagamaan melalui kegiatan mentoring di Pondok Pesantren Putri Ma’ahid Kudus, (2) Untuk mengetahui hasil dari penerapan Pembinaan keagamaan melalui kegiatan mentoring di Pondok Pesantren Putri Ma’ahid Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana subyek penelitian adalah pengasuh, ustadzah dan beberapa peserta didik. Metode yang penulis gunakan dalam pengumpulan data pada penulisan skripsi ini adalah dengan observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi yang akan menggambarkan bagaimana pembinaan keagamaan melalui kegiatan mentoring di Pondok Pesantren Putri Ma’ahid Kudus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, pertama Pembinaan kegamaan yang diterapkan di Pondok Pesantren Putri Ma’ahid Kudus menggunakan mentoring, yaitu terdapat interaksi antara seorang ustadzah (pementor) dengan peserta didik (mentee) dalam proses belajar yang saling percaya dan menghargai untuk menuju kesuksesan dunia akhirat. Pembinaan Keagamaan yang diterapkan telah mencakup didalam pembinaan akidah, pembinaan ibadah. Dimana sasaran utamanya adalah penanaman nilai-nilai akidah, pembiasaan ibadah dan perubahan akhlak. Kedua Dampak dari pembinaan keagamaan di Pondok Pesantren Putri Ma’ahid Kudus melalui kegiatan mentoring terbilang cukup baik, karena terdapat perubahan perilaku anak kearah yang positif meskipun dengan cara bertahap. Perubahan tersebut dapat dimasukkan kedalam tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik anak. Aspek kognitif dapat diketahui dari pengetahuan ilmu agama maupun ilmu lainnya yang semakin bertambah luas, kemudian aspek afektif dapat diketahui dari kondisi emosi dan psikologi anak yang lebih stabil, dan aspek psikomotorik dapat diketahui dengan perubahan perilaku akhlak dan ibadah yang menjadi lebih baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Keagamaan; Mentoring
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2019 02:11
Last Modified: 25 Mar 2019 02:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item View Item