SOLIKHAH, DESTIAN NUR (2018) IMPLEMENTASI SUPERVISI KOLABORATIF KEPALA MADRASAH DAN GURU DI MA NU RADEN UMAR SA’ID COLO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (257kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (265kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (275kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (493kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (285kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (570kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (191kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Supervisi kolaboratif kepala madrasah dan guru di MA NU Raden Umar Sa’id Colo Dawe Kudus Tahun 2017/2018. (2) Faktor pendukung dan penghambat supervisi kolaboratif kepala madrasah dan guru di MA NU Raden Umar Sa’id Colo Dawe Kudus Tahun 2017/2018. Adapun jenis penelitian ini termasuk field research dan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara (interview), dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Supervisi kolaboratif kepala madrasah dan guru di MA NU Raden Umar Sa’id Colo Dawe Kudus Tahun 2017/2018. Pertama, tahap awal atau perencanaan diantaranya adanya pendampingan guru, rapat, merencanakan kunjungan kelas, persiapan RPP, silabus, SKKD, dan lembar penilaian. Kedua, inti diantaranya menganalisis persiapan guru, mendengarkan apa yang dikeluhkan oleh guru, kunjungan kelas, dan memantau proses pembelajaran dengan instrument. Ketiga, pertemuan balikan diantaranya melakukan tindak lanjut apa yang dilihat kepala madrasah di dalam kelas dan melakukan perbaikan terhadap kekurangan-kekurangan guru. Waktu pelaksanaan dilaksanakan satu semester satu kali setiap di awal pembelajaran dan diakhir pembelajaran 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Supervisi Kolaboratif Kepala Madrasah dan Guru di MA NU Raden Umar Sa’id Colo Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi di madrasah MA NU Raden Umar Sa’id Colo Kudus yaitu adanya kesiapan guru untuk disupervisi dan ada pra kegiatan sebelum pelaksanaan supervisi. Sarana dan prasarana di madrasah, kecakapan dan keahlian kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi, dan keterampilan guru dalam mengelola kelas. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan supervisi di madrasah ini biasanya guru yang lebih senior di madrasah MA NU Raden Umar Sa’id Colo Kudus yang sering mengingatkan kepala madrasah dan dimintai saran dalam pelaksanaan supervisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kolaboratif; Kepala Madrasah; Guru |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 03:48 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 03:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2222 |
Actions (login required)
View Item |