PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PAI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MIJEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ARIYANTI, LAILA SAFITRI (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PAI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MIJEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (804kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (424kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (284kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (427kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode Role Playing kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019, (2) Bagaimana pemahaman materi PAI kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019, (3) Adakah pengaruh penerapan metode Role Playing terhadap pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Role Playing kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019, (2) untuk mengetahui bagaimana pemahaman materi PAI kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan metode Role Playing terhadap pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research) karena data-data yang diperlukan untuk menyusun karya ilmiah diperoleh langsung dari lapangan. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di SMA Negeri 1 Mijen pada ruang lingkup kelas XI. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI sejumlah 252 siswa, kemudian diambil sampel sebesar 146 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis korelasi sederhana (korelasi product moment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan metode Role Playing dalam kategori baik yaitu sebesar 76,00 termasuk dalam interval (74-79), 2) Pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen dalam kategori sangat baik sekali yaitu sebesar 88,00 termasuk dalam interval (87-92), 3) Pengaruh penerapan metode Role Playing terhadap pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen yaitu 0,604 yang termasuk kategori korelasi tinggi dan penerapan metode Role Playing memberikan kontribusi sebesar 36% terhadap pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing dan pemahaman materi PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:10
Last Modified: 26 Mar 2019 03:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2226

Actions (login required)

View Item View Item