HIDAYAH, NURUL (2018) STRATEGI MENGATASI GANGGUAN EMOSIONAL POOR SELF CONCEPT (RENDAHNYA KONSEP DIRI) PADA SISWA KELAS III MI HIDAYATUS SHIBYAN SKRIPSI. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
| 
              
Text
 01 COVER.pdf Download (1MB)  | 
          |
| 
              
Text
 02 ABSTRAK.pdf Download (73kB)  | 
          |
| 
              
Text
 03 DAFTAR ISI.pdf Download (79kB)  | 
          |
| 
              
Text
 04 BAB I.pdf Download (216kB)  | 
          |
| 
              
Text
 05 BAB II.pdf Download (608kB)  | 
          |
| 
              
Text
 06 BAB III.pdf Download (102kB)  | 
          |
| 
              
Text
 07 BAB IV.pdf Download (243kB)  | 
          |
| 
              
Text
 08 BAB V.pdf Download (80kB)  | 
          |
| 
              
Text
 09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB)  | 
          
Abstract
Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah: (1) Untuk mengetahui kondisi konsep diri siswa kelas III MI Hidayatus Shibyan. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi gangguan emosional poor self concept (rendahnya konsep diri) siswa kelas III MI Hidayatus Shibyan. (3) Untuk mengetahui strategi mengatasi gangguan emosional poor self concept (rendahnya konsep diri) siswa kelas III MI NU Hidayatus Shibyan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik nonprobability sampling. Penentuannya menggunakan purposive sampling. Jumlah informan penelitian ini sebanyak enam informan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kondisi konsep diri siswa kelas III MI Hidayatus Shibyan mengalami gangguan emosional poor self concept (rendahnya konsep diri) dengan ciri-ciri siswa sebagai berikut Pemalu, Ramai di kelas, Malas sekolah atau suka bolos. (2) Faktor yang mempengaruhi gangguan emosional poor self concept (rendahnya konsep diri) siswa kelas III ada dua yaitu faktor yang berasal dari diri siswa dan faktor yang berasal dari luar siswa. Faktor yang berasal dari diri siswa meliputi kekuatan keimanan, kompetensi dan motivasi. Sedangkan faktor yang berasal dari luar siswa meliputi faktor orang tua, faktor peranan perlkuan guru dan faktor teman. (3) Strategi mengatasi gangguan emosional poor self concept (rendahnya konsep diri) siswa kelas III yaitu evalusi system pendidikan, penanaman keimanan dan ketaqwaan, penaman 3S (Senyum, Salam dan Sapa), layanan bimbingan konseling oleh guru kelas dan guru BK (Bimbingan dan Konseling), ekstrakulikuler wajib, temu orang tua dan terapi keluarga.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Gangguan Emosional; Poor Self Concept | 
| Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar  | 
        
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | 
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | 
| Date Deposited: | 26 Mar 2019 03:45 | 
| Last Modified: | 26 Mar 2019 03:45 | 
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2231 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        