Mujiati, Mujiati (2018) Penerapan Pemikiran Syaikh Az-Zarnuji tentang Etika Menuntut Ilmu di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN AWAL.pdf Download (484kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (374kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (330kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (334kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (227kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (493kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (196kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui teori tentang etika peserta didik dalam menuntut ilmu di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus (2) Mengetahui penerapan konsep tentang etika menuntut ilmu menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Muta’allim dengan kehidupan etika di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus (3) Mengetahui hasil etika peserta didik dalam menuntut ilmu di MA NU Al-Hidayah Getaassrabi Gebog Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan ini adalah pendekatan kualititif dengan menggunakan metode postpositivisme-phenomenologik-interpretif dengan model paradigma naturalistik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan di dukung oleh dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Pemikiran Syaikh Az-Zarnuji Tentang Etika Menuntut Ilmu di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Adapun teori tentang etika peserta didik dalam menuntut ilmu di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus adalah peserta didik menghargai ilmu, menghormati guru, memuliakan kitab, menghormati teman, bersikap khidmat, memposisikan tempat duduk, dan menghindari akhlak tercela. Penerapan tentang etika menuntut ilmu yang dipaparkan Syaikh Az-Zarnuji dengan kehidupan etika di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus diantaranya lebih menekankan pada nasihat, memberi contoh atau tauladan, dan mengingatkan siswa ketika berbuat salah sebagai bentuk menerapkan dan memperbaiki etika peserta didik. Dan juga memerintah peserta didik dalam melakukan kebaikan sebagai penerapan etika dalam menuntut ilmu. Kemudian Hasil dari penerapan etika menuntut ilmu di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus adalah ada beberapa siswa yang etikanya masih belum sesuai dengan yang dipaparkan Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Muta’allim. Namun, secara keseluruhan etika peserta didik MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus yang paling mendasar sudah relevan dengan konsep etika menuntut ilmu menurut pemikiran Syaikh Az-Zarnuji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Syaikh Az-Zarnuji; Etika Menuntut Ilmu |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Mar 2019 04:08 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 04:08 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2234 |
Actions (login required)
View Item |