NASIHAH, ZAILATUN (2018) IMPLEMENTASI RUTINITAS BACA TULIS AL-QUR’AN DI PAGI HARI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MI DARUL ULUM 01 NGEMBALREJO BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (356kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (342kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (487kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (741kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (389kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (642kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (459kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
Abstract
Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mendeskripsikan implementasi rutinitas baca tulis al-Qur’an di pagi hari di MI Darul Ulum 01 Ngembalrejo Bae Kudus. (2) Untuk mengetahui peningkatan kecerdasan spiritual siswa di MI Darul Ulum 01 Ngembalrejo Bae Kudus. (3) Untuk mengetahui peningkatan kecerdasan spiritual siswa di MI Darul Ulum 01 dengan adanya implementasi rutinitas baca tulis al-Qur’an di pagi hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap fokus penelitian di MI Darul Ulum 01 Ngembalrejo Bae Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi baca tulis al-Qur’an plus untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di MI Darul Ulum 01 Ngembalrejo Bae Kudus adalah menerapkan pembiasaan baca tulis al-Qur’an pada pagi hari mulai pukul 06.45 – 07.15 sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan harapan semua siswa dapat membaca dan menulis al-Qur’an dengan baik. (2) Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa di MI Darul Ulum 01 Ngembalrejo Bae Kudus diantaranya yang pertama, peningkatan pengetahuan dalam bidang agama, sains serta teknologi sehingga peserta didik mampu berfikir kritis. Kedua, pembiasaan peserta didik agar berperilaku yang sopan, jujur, toleransi, disiplin dan tanggung jawab. Ketiga, menjadi peserta didik yang mampu mengamalkan ajaran Islam dengan benar. Keempat, menjadi peserta didik yang mampu membaca al-Qur’an dengan fasih dan tartil. Kelima, menjadi peserta didik mempunyai kepekaan sosial. (3) peningkatan kecerdasan spiritual siswa di MI Darul Ulum 01 dengan adanya implementasi rutinitas baca tulis al-Qur’an di pagi hari. Point yang terealisasi pertama, siswa terbiasa berperilaku sopan, jujur, toleransi, disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Kedua, siswa mampu membaca al-Qur’an dengan fasih dan tartil. Ketiga, siswa di MI Darul Ulum mempunyai kepekaan sosial yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Baca Tulis al-Qur’an; Kecerdasan Spiritual |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Mar 2019 07:11 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 07:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2242 |
Actions (login required)
View Item |