PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU PAI (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH NU MIFTAHUL FALAH DAWE KUDUS)

Muna, Azizatul (2018) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU PAI (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH NU MIFTAHUL FALAH DAWE KUDUS). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (790kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (560kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (608kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (371kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (653kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (197kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui peran kepemimpinan Kepala Madrasah di MTs NU Miftahul Falah Dawe Kudus. (2) Untuk mengetahui upaya-upaya apa yang dilakukan Kepala Madrasah terhadap profesionalisme guru PAI di MTs NU Miftahul Falah Dawe Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru PAI dan peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil analisis dari penelitian ini adalah sebagai berikut: kepemimpinan Kepala Madrasah dapat bertanggungjawab terhadap semua kegiatan pengelolaan madrasah. Adapun peran Kepala Madrasah yaitu sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. Sehingga Kepala Madrasah di MTs NU Miftahul Falah Dawe Kudus ini banyak memegang peranan sebagai manajer. Upaya-upaya apa yang dilakukan Kepala Madrasah terhadap profesionalisme guru PAI di MTs NU Miftahul Falah Dawe Kudus, dapat ditarik kesimpulan yaitu upaya meningkatkan profesionalisme guru Kepala Madrasah selaku pemimpin melakukan kegiatan yang mengarahkan pada pembinaan guru yang berkualitas dan memiliki 4 kompetensi dengan mengikutsertakan guru dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan kompetensi keguruaannya, seperti ikut serta dalam Workshop, MGMP, KKG, pelatihan-pelatihan, studi banding dan kegiatan ilmiah. Dalam peningkatan terhadap profesionalisme guru didukung oleh tersedianya fasilitas pendukung pelaksanaan proses belajar mengajar, terjalinnya kerja sama yang baik antar sesama warga sekolah, lingkungan sekolah yang kondusif. Kepala Madrasah yang professional akan mengantarkan madrasahnya menjadi madrasah yang unggul berprestasi, baik akademik maupun non akademik serta sarana dan prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepemimpinan; Kepala Madrasah; dan Profesionalisme Guru PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Mar 2019 08:24
Last Modified: 26 Mar 2019 08:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2251

Actions (login required)

View Item View Item