PELAKSANAAN EVALUASI MODEL COUNTENANCE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SOFA, NILA AMILATUS (2018) PELAKSANAAN EVALUASI MODEL COUNTENANCE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
04 BAB I new.pdf

Download (93kB)
[img] Text
05 BAB II new.pdf

Download (188kB)
[img] Text
06 BAB III new.pdf

Download (122kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (330kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perencanaan pelaksanaan evaluasi model countenance di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus (2) Untuk mengetahui pelaksanaan mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Mejobo kudus (3) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan evaluasi model countenance pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Mejobo kudus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sesuai dengan obyek kajian maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara,dan dokumentasi terhadap guru serta peserta didik yang bersangkutan. Dalam penelitian ini terdapat sejumlah siswa dari SMA Negeri 1 Mejobo Kudus yang berjumlah 375 siswa namun peneliti menggunakan kelas X IPS 5, untuk memudahkan dalam penelitian. Semua data dianalisis dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif menggunakan logika induksi dan dediksi. Hasil dalam penelitian ini adalah pelaksanaan evaluasi model countenance pada mata pelajaran PAI kelas X IPS 5 di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan Pelaksanaan Evaluasi Model Countenance Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Perencanaan yang dilakukan guru harus matang sehingga pelaksanaan berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang diharapkan sehingga dapat meminimalisir faktor-faktor penghambat yang biasa terjadi. (2) Pelaksanaan Model Countenance Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Yaitu meliputi: Pertemuan Pertama & ke dua. 1) Kegiatan pendahuluan. Kegiatan inti: a. Mengamati b. Menanya c. Mengumpulkan data/eksplorasi d. Mengasosiasi e. Mengkomunikasikan. 2) Penutup. (3) Hasil Pelaksanaan Evaluasi Model Countenance Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. yaitu sudah mencapai KKM tuntas. Adapun KKM mata pelajaran PAI adalah 77 selain adanya penilaian dari hasi belajar yang bersumber dari ulangan formatif, sumatif, tes lisan maupun tulisan, juga terdapat penambahan penilaian dari perilaku peserta didik meliputi: kesadaran peserta didik dalam menaati tata tertib di sekolah, sopan santun terhadap semua guru, karyawan, teman dan semua yang ada dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah, sikap peserta didik ketika mengikuti pelajaran di kelas yakni keaktifan peserta didik, sering bolos dan tidaknya peserta didik dalam mengikuti semua mata pelajaran termasuk PAI, sikap peserta didik ketika mengerjakan soal sering mencontek temannya atau jiplak buku termasuk pengaruh juga dalam penilaian dan tanggung jawab peserta didik dalam menjalankan tugas yang diberikan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Model Countenance; Mata pelajaran PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Mar 2019 01:19
Last Modified: 27 Mar 2019 01:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item