PENERAPAN SISTEM NORMA-NORMA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK MORAL SISWA KELAS IX DI MTs MIFTAHUL ULUM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RISYDA, NAILIR (2018) PENERAPAN SISTEM NORMA-NORMA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK MORAL SISWA KELAS IX DI MTs MIFTAHUL ULUM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (632kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (214kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (125kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (190kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menerapkan dari sistem norma-norma pada mata pelajatan aqidah akhlak dalam membentuk moral siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Kudus (2) untuk mengetahui dampak pembentukan moral siswa dari penerapan sistem norma-norma pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IX di MTs Miftahul Ulum Kudus (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan sistem norma-norma pada mata peelajaran aqidah akhlak dalam membentuk moral siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu sebuah studi penelitian yang mengambil data autentik secara obyektif atau studi lapangan. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu Kepala madrasah, Guru aqidah akhlak, Waka kesiswaan, dan peserta didik. Sumber data primer yaitu buku kepustakaan, dan data dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi yang terkait dengan instansi pendidikan yang ada di MTs Miftahul Ulum Kudus. Hasil penelitian yang di peroleh adalah bahwa penerapan sistem norma-norma pada mata pelajaran aqidah akhlak dalam membentuk moral siswa di MTs Miftahul Ulum Kudus yaitu dengan proses pembelajaran melalui aspek pemahaman siswa menggunakan strategi reflektif (berbasis pengalaman) guru aqidah akhlak menghubungkan materi dengan nilai moral dan agama pada kehidupan sehari-hari, dalam upaya mengamalkan dan menanamkan perilaku yang baik. Sedangkan pembelajaran di luar kelas yaitu pengaplikasian dari pemahaman siswa dalam pembentukan sikap secara teratur sesuai dengan materi yang diajarkan. Dampak pembentukan moral siswa dari penerapan sistem norma pada mata pelajaran aqidah akhlak yaitu siswa mampu menyesuaikan dirinya terhadap peraturan, dan nilai-nilai moral sesuai kaidah norma yang berlaku tersebut, hal ini dapat dilihat bahwa pembelajaran aqidah akhlak yang dilakukan di MTs Miftahul Ulum Kudus sudah baik, karena mampu mempengaruhi pola perilaku dan kepribadian siswa yang berdampak pada pembentukan moral siswa. Faktor pendukung dari pembentukan moral siswa yaitu dari adanya dukungan keluarga dan guru sekolah, antusias peserta didik, sarana dan prasaran yang menunjang pembentukan moral, faktor penghambat yaitu dari kurang disiplinya siswa, kurangnya pendekatan dorongan motivasi guru terhadap perkembangan siswa, dan pengaruh pergaulan dari lingkungan masyarakat yang negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Mar 2019 03:07
Last Modified: 27 Mar 2019 03:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2263

Actions (login required)

View Item View Item