ROHMAH, UlFA NUR (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM TAKHASUS DI SMK ANNURONIYAH KEMADU SULANG REMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (446kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (295kB) |
|
Text
6. BAB III .pdf Download (270kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (677kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (192kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi progrma tahasus di SMK Annuroniyah Kemadu Sulang Rembang Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat program tahasus di SMK Annuroniyah Kemadu Sulang Rembang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penyusunan skripsi ini merupakan penelitian yang terjun langsung di lapangan dengan Jenis penelitian field research pendekatan kualitatif yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses implementasi program takhasus berjalan dengan baik di latar belakangi oleh beberapa pertimbangan diantaranya yaitu, pelaksanaan program tahasus ini selaras dengan visi misi yang ada di SMK Anuroniyah, untuk menambah pengetahuan keagamaan peserta didik mengingat sebagian besar peserta didik di SMK berlatar belakang pendidikan SMP, program takhasus dilaksanakan yaitu dengan adanya dukungan dan pengambilan keputusan dari pendiri atau Kyai yang menginginkan santrinya mendalami pendidikan agama Islam semaksimal mungkin di perkembangan zaman yang semakin modern ini. 2) Faktor pendukung dari program takhasus yaitu, adanya muatan lokal yang mendukung terlaksananya program takhasus di SMK, adanya sarana prasarana yang memadai dengan terlaksanya program takhasus, adanya dukungan dari pondok pesantren Alhamdulillah karena SMK tersbut yakni SMK yang berbasis pondok, adanya guru pendidikan agama Islam yang berkompeten dan dapat dipertangungjawabkan. Faktor penghambat dari program takhasus yaitu, kemampuan peserta didik yang berbeda-beda sehingga dari target kurang terpenuhi, adanya kekosongan selama 3 bulan karena peserta didik di SMK diwajibkan mengikuti PKL diluar sekolah, kurangnya alokasi waktu dari program takhasus karena proses pembelajaran hanya 1 jam setengah, pergantian proses pembelajaran diganti malam hari karena adanya pemadatan materi pelajaran ketika menjelang Ujian Nasional di SMK peserta didik merasa lelah dan jenuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Imlpementasi; Program Takhasus. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Mar 2019 07:00 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 07:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2274 |
Actions (login required)
View Item |