KONTRIBUSI MODEL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN KURYOKALANGAN GABUS PATI TAHUN 2018

NUR, AHMAD (2018) KONTRIBUSI MODEL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN KURYOKALANGAN GABUS PATI TAHUN 2018. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. DAFTAR ISI.pdf

Download (537kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf

Download (636kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (513kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Transformasi esensinya adalah mengubah potensi menjadi energi nyata. Kepala madrasah yang mampu melakukan transformasi kepemimpinan berarti dapat mengubah potensi institusinya menjadi energi untuk meningkatkan mutu proses dan output pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah pertama, Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kepemimpinan transformasional Kyai di Pondok Pesantren Nurul Huda Kuryokalangan Gabus Pati Tahun 2018. Kedua, Untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya Kyai dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kepemimpinan transformasional di Pondok Pesantren Nurul Huda Kuryokalangan Gabus Pati. Ketiga, untuk mengetahui kendala yang dihadapi Kyai dalam peningkatan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Huda Kuryokalangan Gabus Pati Tahun 2018. Adapun metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu mereduksi data, mendisplay data dan mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu Pertama Kepemimpinan Kyai di Pondok Pesantren Nurul Huda Kuryokalangan Gabus Pati adalah kepemimpinan transformasional, dengan menerapkan konsep “4i”,yaitu: idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, individual consideration, yang tercermin dari perilaku yang cenderung pada melaksanakan tindakan yang selalu menyerap aspirasi para ustadz dan karyawan, memberdayakan para Ustadz dan karyawan agar bekerja secara maksimal, senantiasa memperhatikan kebutuhan mereka dengan berusaha menciptakan suasana saling percaya dan mempercayai, berusaha menciptakan saling menghargai, simpati terhadap sikap para ustadz dan karyawan, memiliki sifat bersahabat, menumbuhkan peran serta bawahan dalam pembuatan keputusan dan kegiatan lain, dengan mengutamakan pengarahan diri, tumbuh pula rasa respek dan hormat diri dari bawahan kepada pimpinannya, sehingga apa yang menjadi tugas merupakan hasil keputusan bersama dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kedua, Problematika yang dihadapi Kyai di Pondok pesantren Nurul Huda Kuryokalangan gabus Pati adalah adanya ustadz yang kurang sepaham dengan kyai, orang tua, pengaruh budaya buruk dari luar dan fasilitas yang kurang dengan melihat jumlah santri dan jumlah guru yang ada di pondok pesantren Nurul Huda Kuryokalangan Gabus Pati. Ketiga, Peningkatan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Huda Kuryokalangan Gabus Pati berjalan dengan baik, yakni dengan melihat respon dari masyarakat yang selalu meningkat. Hal ini tidak terlepas dari usaha-usaha Kyai, di antaranya: (a) Mengembangkan Jalinan kerjasama dengan pihak lembaga yang lain baik nasional maupun internasional. (b) Meningkatkan mutu sumber daya manusia yang ada di Pondok Pesantren Nurul Huda Kuryokalangan Gabus Pati. (c) Adanya program pembinaan santri, Para Ustadz dan karyawan. (d) Layanan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Kepemimpinan Transformasional; Kyai dan Mutu Pendidikan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Mar 2019 02:36
Last Modified: 28 Mar 2019 02:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2287

Actions (login required)

View Item View Item