PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS III MI NU NURUS SHOFA BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ULFA, MARIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS III MI NU NURUS SHOFA BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (758kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (710kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (814kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III MI NU Nurus Shofa Bae Kudus. Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen diartikan sebagai penelitian yang dilakukan dengan cara melakukan percobaan atau memberi perlakuan pada suatu obyek atau ubahan yang diteliti. Desain yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan bentuk desain penelitian nonequivalent control group design, model pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di MI NU Nurus Shofa Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III MI NU Nurus Shofa Bae Kudus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas III A berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen (diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT). Sedangkan kelas III B berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol (diberi perlakuan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metote tes dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t-tes. Berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa kelas III A (kelas eksperimen) yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) adalah 69,00 yaitu dalam kategori “cukup”, sedangkan tes akhir (posttest) dilakukan setelah pembelajaran dengan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen III A adalah 77,00 yaitu dalam kategori “tinggi”. Hasil perhitungan pretest diperoleh nilai rata-rata dari hasil belajar siswa kelas III B (kelas kontrol) tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) adalah 66,70 dalam kategori “cukup”. Sementara nilai rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas III B (kelas kontrol) adalah 68,70 dalam kategori “tinggi”. hasil uji keseimbangan data pada nilai pre-tes diperoleh bahwa sampel yang berasal dari kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal, serta varians dari kedua kelompok bersifat homogen atau sama. Sedangkan uji asumsi klasik pada nilai post-tes diperoleh bahwa sampel yang berasal dari kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal, serta varians dari kedua kelompok memiliki nilai SIG > α (0,754 > 0,05). Sehingga kedua kelompok bersifat homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan Uji-t dalam program SPSS 16.0. Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai probabilitas (SIG) lebih kecil dari taraf signifikansi (0,021 < 0,025), dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 77,00 dan kelas kontrol 68,70. Jadi, kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI NU Nurus Shofa Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament; Ilmu Pengetahuan Sosial; Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:15
Last Modified: 28 Mar 2019 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item