PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LECTURES BASED ON STUDENT INTERACTION (LBSI) DAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SKI DI MA NAHDLATUL MUSLIMIN UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Azizah, Nor (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LECTURES BASED ON STUDENT INTERACTION (LBSI) DAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SKI DI MA NAHDLATUL MUSLIMIN UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (511kB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (527kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (716kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (395kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (687kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (470kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi keterkaitan penerapan antara kedua metode tersebut dengan kualitas pemahaman peserta didik dan efektifitas antara implementasi kedua metode tersebut dalam proses pembelajaran mata pelajaran SKI di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, peneliti melakukan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, yang selanjutnya data tersebut direduksi dan disajikan untuk kemudian disimpulkan. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Lectures Based On Student Interaction (LBSI) dan metode pembelajaran Inquiry Learning berjalan dengan baik di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Sedangan untuk perbandingan efektifitas penerapan kedua metode pembelajaran antara metode Lectures Based On Student Interaction (LBSI) dengan metode pembelajaran Inquiry Learning lebih efektif metode Lectures Based On Student Interaction (LBSI). Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti kepada guru mata guru mata pelajaran, kepala sekolah, WAKA kurikulum, peserta didik, dan beberapapihak-pihak terkait lainnya. Peserta didik yang mempunyai basic kemampuan yang berbeda lebih mudah memahami materi SKI yang disampaikan guru dengan menggunakan metode pembelajaran Lectures Based On Student Interaction (LBSI) dibandingkan dengan materi yang disampaikan guru dengan menggunakan metode pembelajaran Inquiry Learning. Efektifitas tersebut ditunjukkan dengan tingkat pemahaman peserta didik yang cepat dan tepat, performa penyampaian yang tepat waktu, penyampaian materi yang leluasa dan proses interaksi guru dengan peserta didik yang berlangsung secara kooperatif sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan mudah dan tepat sasaran. Berdasarkan observasi penerapan metode pembelajaran Lectures Based On Student Interaction (LBSI) mnunjukkan hasil pemahaman isi materi yang diserap oleh para peserta didik kelas X.IPS.1 lebih cepat dan tepat jika dibandingkan dengan hasil pemahaman yang diserap oleh para peserta didik kelas X.IPS.1 dengan menggunakan metode Inquiry Learning pada mata pelajaran SKI di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Waktu yang diperlukan seorang guru dalam menerapkan metode pembelajaran Lectures Based On Student Interaction (LBSI) di kelas X.IPS.1 jugs lebih efektif daripada waktu yang diperlukan untuk menerapkan metode pembelajaran Inquiry Learning pada mata pelajaran SKI di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; metode Lectures Based On Student Interaction (LBSI) dan metode pembelajaran Inquiry Learning; efektifitas.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Mar 2019 02:21
Last Modified: 29 Mar 2019 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2309

Actions (login required)

View Item View Item