HIDAYATI, HANIK MAULIDA (2018) PENERAPAN GAYA BELAJAR KONVERGEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 MARGOYOSO PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (276kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (382kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (813kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (411kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) |
Abstract
Dalam mewujudkan penyampaian pesan pendidikan diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang efektif dan relevan, sesuai dengan dinamika perkembangan zaman. Gaya belajar konvergen merupakan kombinasi dari berpikir dan berbuat, yaitu individu yang unggul dalam menemukan fungsi praktis dari berbagai ide dan teori, sehingga mereka mampu memecahkan masalah dengan baik dan pandai dalam mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan gaya belajar konvergen, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat gaya belajar konvergen, 3) Mendeskripsikan solusi yang harus dilakukan guru dalam mengatasi penghambat. Jenis penelitian lapangan ini menggunakan data yang telah terkumpul melalui observasi pengamatan siswa, guru, serta data sekunder, yakni dokumentasi yang mendukung analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Margoyoso ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan gaya belajar konvergen untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa dilakukang dengan mengacu pada silabus dan kurikulum yang ada dengan mempertimbangkan kebutuhan kondisi siswa, serta sarana dan prasarana. 2) Terdapat faktor yang mendukung penerapan gaya belajar konvergen untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa, yaitu: a) Antusias siswa cukup tinggi, b) suasana belajar yang menyenangkan. Faktor penghambatnya adalah: kemampuan siswa yang berbeda. 3) Solusi yang harus dilakukan guru dalam mengatasi penghambat gaya belajar konvergen untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa yaitu menuntaskan materi, melakukan bimbingan belajar dan menambah kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar Konvergen; Problem solvimg; Pembelajaran PAI |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Mar 2019 06:34 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 06:34 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2318 |
Actions (login required)
View Item |